Sukses

6 Fakta Pernikahan Ustaz Abdul Somad dengan Wanita Usia 19 Tahun, Semula Ingin Nikah Mei 2021 Tapi Dipercepat

Ustaz Abdul Somad resmi menjadi suami Fatimah Az Zahra Salim Barabud. Berikut 6 fakta menariknya.

Liputan6.com, Jakarta - Ustaz Abdul Somad resmi menjadi suami Fatimah Az Zahra Salim Barabud. Pernikahan sang penceramah dengan gadis 19 tahun ini digelar pada 28 April 2021. Ustaz Abdul Somad pun membagikan kabar baik ini kepada warganet.

Melalui akun Instagram terverifikasinya, ia mengunggah foto usai akad bersama Fatimah Az Zahra. Dalam foto tersebut, tampak Ustaz Abdul Somad bersanding dengan Fatimah, yang diketahui dari Jombang, Jawa Timur.

Bukan hanya pernikahan yang disorot, namun perbedaan usia keduanya. Meski begitu, tak sedikit netizen dan sahabat yang menyelamati sekaligus mendoakan. Berikut, 6 fakta pernikahan Ustaz Abdul Somad dengan Fatimah yang dirangkum Showbiz Liputan6.com, Kamis (29/4/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Selisih 24 Tahun

Kedua mempelai memiliki selisih umur yang jauh, yakni 24 tahun. Ustaz Abdul Somad saat ini berusia 44 tahun, sedangkan Fatimah Az Zahra baru akan berumur 20 tahun pada Oktober 2021.

3 dari 7 halaman

2. Akad Nikah Dipercepat

Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jombang Ilham Rohim mengatakan, Abdul Somad mendaftarkan pernikahan awal April 2021 atau sebelum Ramadan.

"Ya, beliau sudah daftar di KUA Peterongan sebelum puasa kemarin," ucap Ilham.

Terkait akad nikah, Ilham menegaskan, berdasarkan informasi yang didapat dari KUA, akad dilaksanakan di salah satu hotel pada Mei 2021. Faktanya akad dipercepat menjadi 28 April 2021.

4 dari 7 halaman

3. Menikah di Bulan Ramadan

Kabar pernikahan Ustaz Abdul Solmad dengan Fatimah mencuri perhatian publik. Foto pernikahan mereka diunggah ke akun Instagram @ustadzabdulsomad_official, pada Rabu (28/4/2021), tepat di bulan suci Ramadan.

"Pernikahan UAS pada 16 Ramadan 1442 H bertepatan dengan 28 April 2021 pukul 16.30 Wib" tulisnya menyertai foto tersebut.

5 dari 7 halaman

4. Maskawin Emas

Dalam pernikahan itu Ustaz Abdul Somad memberikan maskawin emas seberat 244 gram yang jika diuangkan nilainya mencapai ratusan juta rupiah.

"Maskawin kami tanyakan ke calon istri, minta apa? Tadinya disampaikan permintaannya emas 244 gram. Kata asisten UAS, calon istri sudah ada kesepakatan dengan UAS minta maskawin 244 gram emas," ungkap Kepala KUA Peterongan, Abdul Ghofur, di Jawa Timur, Selasa (27/4/2021).

6 dari 7 halaman

5. Digelar Sederhana

Menilik foto yang diunggah di medsos, acara pernikahan dengan Fatimah dilakukan secara sederhana. Abdul Somad pakai gamis warna krem serta jubah abu-abu yang senada dengan peci. Lehernya dikalungi untaian bunga sedap malam.

Sedangkan Fatimah tampil anggun dengan gaun kuning muda lengkap dengan hijab. Kepalanya dihiasi mahkota.

7 dari 7 halaman

6. Disaksikan Kiai

Kepala KUA Kecamatan Peterongan, Jombang, Abdul Ghofur, menyebut pernikahan Abdul Somad dan Fatimah tak dilakukan di kediaman mempelai wanita. Melainkan di salah satu rumah di Kecamatan Peterongan, Jombang. 

"Pokoknya nikahnya di rumah pinggir jalan raya, bukan di rumah Fatimah. Katanya rumah asal begitu. Ya, tadi ada kiai dari Pondok Gontor Ponorogo," ungkapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.