Sukses

6 Film Animasi Peraih Piala Oscar yang Bukan Buatan Disney - Pixar dalam 20 Tahun Terakhir, Apa Saja?

Liputan6.com, Jakarta Salah satu kategori di penghargaan Piala Oscar yang menyita perhatian audiens lintas usia yakni Film Animasi Terbaik. Sudah jadi rahasia umum, Walt Disney dan Pixar melanggani kategori ini. Namun, tak setiap tahun dua studio raksasa tersebut menang Oscar.

Patut dicatat, kali pertama kategori Film Animasi Terbaik dibuat pada 2001. Pemenangnya kala itu justru karya DreamWorks Animation. Setelahnya, Disney dan Pixar bak duet maut yang menjajah kategori ini. Pada Oscar 2021, mereka mengirim dua kandidat yakni Onward dan Soul.

Keduanya melawan A Shaun the Sheep Movie: Farmageddon, Wolfwalkers, dan Over The Moon. Showbiz Liputan6.com mencatat dalam 20 tahun terakhir hanya 6 film animasi non-Disney Pixar yang menang Oscar. Siapa saja?

2 dari 7 halaman

1. Shrek (2001)

Pertama kali dilombakan di ajang Academy Awards ke-74, kategori Film Animasi Terbaik hanya diikuti tiga film yakni Shrek, Jimmy Neutron: Boy Genius, dan Monster, Inc.

Kemenangan Shrek telah diprediksi banyak pihak mengingat ia meraih BAFTA untuk kategori bergengsi yakni Skenario Adaptasi Bergengsi plus tujuh piala dari Annie Awards.

3 dari 7 halaman

2. Spirited Away (2002)

Setahun kemudian, Jepang menginvasi Hollywood lewat karya sineas Hayao Miyazaki. Kemenangan Spirited Away terasa dramatis lantaran lawannya enggak kaleng-kaleng yakni Ice Age, Lilo and Stich, Treasure Planet, dan Spirit: Stallion of the Cimarron.

Tak dilirik BAFTA dan Golden Globe Awards, Spirited Away mencuri perhatian dunia. Ia jadi kebanggaan para animator Asia setelah menunggu sekian lama.

4 dari 7 halaman

3. Wallace & Gromit: The Curse of the Were-Rabbit (2005)

Absennya Walt Disney dan Pixar dalam persaingan animasi pada 2005 menyisakan pertarungan yang tak kalah sengit dari tiga kandidat yakni Howl’s Moving Castle, Corpse Bride, dan Wallace & Gromit: The Curse of the Were-Rabbit.

Judul yang disebut terakhir menang setelah merampok 10 piala dari ajang penghargaan khusus animasi, Annie Awards dan dinobatkan sebagai Film Inggris Terbaik di BAFTA.

5 dari 7 halaman

4. Happy Feet (2006)

Pada 2006, untuk kali pertama Golden Globe Awards memfiturkan kategori Film Animasi Terbaik. Cars pabrikan Disney dan Pixar menyingkirkan dua kontestan lain, yakni Happy Feet dan Monster House.

Kondisi berbalik setelah BAFTA merekomendasikan Happy Feet buatan Village Roadshow Pictures dan Animal Logic. Yang terjadi kemudian, komite Academy Awards berpaling dari Cars yang fenomenal.

6 dari 7 halaman

5. Rango (2011)

Disney dan Pixar absen lagi dari arena Film Animasi Terbaik Oscars 2011. Jadilah kategori ini ajang perang lintas negara. AS mengirim tiga prajurit yakni Rango (Nickelodeon), Kung Fu Panda 2 dan Puss in Boots (DreamWorks Animation).

Yang menarik ada dua negara Eropa yang ikut bertanding. Prancis mengirim A Cat In Paris. Spanyol mengutus Chico and Rita. Perang berakhir dengan kemenangan Rango.

7 dari 7 halaman

6. Spider-Man: Into The Spider-verse (2018)

Kartun pahlawan super yang diproduksi Sony Pictures Animation ini menundukkan dua satria Disney – Pixar, yakni Incredibles 2 serta Ralph Breaks The Internet. Spider-Man: Into The Spider-verse juga menggulung Isle if Dogs dan Mirai, kontingen asal Jepang.

Kemenangan ini sebenarnya sudah diprediksi para pemerhati film mengingat Spider-Man: Into The Spider-verse unggul di BAFTA, Golden Globes, dan menggasak tujuh piala Annie Awards.