Sukses

Datangi Candi di Yogyakarta, Ramon Y Tungka Temukan Kerukunan Sudah Ada Sejak Dahulu

Ramon Y Tungka menjadi pembawa acara program Candi Darling From Home.

Liputan6.com, Jakarta Ramon Y Tungka yang didaulat menjadi host program Candi Darling From Home. Program Candi Darling dikenal sebagai kegiatan penanaman pohon di sekitar Candi yang ada di Yogyakarta. 

Ramon Y Tungka pun mendatangi 3 Candi yang akan dibuat untuk penghijauan yaitu Candi Sambi Sari, Candi Banunibo, dan Candi Barong. Di antara 3 Candi tersebut, ada 2 Candi yang menurutnya mendapat perspektif yang baru.

“Sebenarnya Sambi Sari dan Banyunibo memberi kesan yang asyik ya bagi gue. Di dua candi itu saya mendapat perspektif baru. Dalam artian dua candi ini sifatnya berbeda, yang satu candi Hindu yang satu Buddha. Tapi menariknya jaraknya tidak jauh. Berarti kan zaman dulu Indonesia sudah menerapkan kerukunan umat beragama." ujar Ramon Y Tungka saat jumpa pers secara virtual, Rabu (7/4/2021).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ajak Generasi Muda

Ramon juga menceritakan cara mengajak generasi muda untuk bisa peduli dengan lingkungan hidup. Ajakan anak muda ini menurut Ramon sebenarnya simple dan memberikan contoh yang baik. 

"Sebenarnya simple ya. Paling simple adalah memberi contoh yang baik. Kita menjadikan ini sebuah kebiasaan kehidupan yang baru bahwa habit seperti memberi challenge untuk tidak menggunakan botol plastik sekali pakai dan digantikan dengan tumblr. Atau menggunakan public transport. Itu kan salah satu contoh simple yang nampak sehari-hari,” ujar Ramon.

 

3 dari 4 halaman

Perubahan

Ramon pun menyakini apa yang dilakukan oleh generasi milenial bisa membuat sebuah perubahan untuk masa depan. 

“Saya yakin perubahan kecil dilakukan terus menerus akan menjadi perubahan baik yang masif selama dilakukan terus menerus. Energi baik pasti akan menular, kita harus menerapkan gaya hidup bijak.", ujar Ramon.

 

4 dari 4 halaman

Merasa Resah

Dengan perubahan lingkungan dulu dan sekarang, Ramon merasa resah lantaran hutan yang benar-benar hijau dan asri menjadi ahli fungsi. Menyikapi keresahan dalam lingkungan yang berubah ini Ramon menyiapkan platform untuk teman-temannya yang peduli lingkungan. 

“Jelas ya, hutan yang dulunya hijau mengapa menjadi alih fungsi. Ini membuat saya resah. Sebenarnya langkah yang bisa kita lakukan adalah ke gaya hidup kita sehari-hari. Saya yakin energi kecil bisa menjadi besar. Menyikapi keresahan tersebut saya menyiapkan platform-platform kecil untuk memperkuat kesungguhan dari kawan-kawan untuk peduli lingkungan. Atau mengedukasi sebab dan akibatnya. Yang penting konsisten melakukan perubahan kecil,", pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.