Sukses

Ikhwan (Sulawesi Barat) Diselamatkan Dewan Juri Meski Terima Polling Terendah di Top 70 Grup 6 Merah LIDA 2021 Indosiar

Keseruan di panggung LIDA 2021, Kamis malam.

Liputan6.com, Jakarta Ada kemeriahan dan rasa haru di konser LIDA 2021 Top 70 Grup 6 Merah, di Indosiar Kamis (25/3/2021). Kelima duta yaitu Farida (Jawa Barat), Hazmi (Aceh), Ikhwan (Sulawesi Barat), Nisa (Bengkulu) dan Ratna (Kalimantan Selatan) memberikan bakat terbaik  bersaing maju ke babak selanjutnya untuk meraih gelar juara LIDA 2021.

Tampil di awal kompetisi Liga Dangdut Indonesia Kamis malam adalah  Ratna (Kalimantan Selatan) yang membawakan sebuah lagu Arab berjudul “Enta Aih”. Dengan penuh penjiwaan, Ratna berhasil membuat lagu ini terdengar merdu. Peserta ini mendapatkan standing ovation dan komentar positif dari semua Dewan Juri.

Menurut Nassar salah satu juri, membawakan lagu Arab itu tidak mudah. "Bukan hanya teknik vokal yang dikedepankan melainkan artikulasi harus jelas. Jika ada kesalahan penyebutan atau artikulasi akan beda artinya. Saya melihat Ratna sudah sangat dalam menggunakan artikulasi dari setiap bait dalam lagu ini”, ungkap sang pelantun lagu Seperti Mati Lampu tersebut.

Kemeriahan pun berlanjut dengan penampilan duta dari Aceh yaitu Hazmi. Peserta ini berhasil mendapatkan apresiasi penuh dari semua Dewan Juri berupa standing ovation. Dia membawakan lagu “Ini Dangdut” dan berhasil membuat seluruh studio bergoyang. Meski mendapat standing ovation, kritik pedas sempat disampaikan juri Soimah soal kemampuan bernyanyi Hazmi.

Itu terjadi setelah dirinya mendapatkan beberapa tantangan dari Dewan Juri lainnya untuk menyanyikan lagu yang memiliki tempo lebih lambat. “Saya memberikan standing ovation karena memang semangat kamu dalam membawakan lagu ini memamg harus diparesiasi. Namun ketika saya melihat para Dewan Juri lainnya memberikan tantangan untuk membawakan lagu yang lebih pelan, saya melihat kemampuan kamu tidak sebanding dengan penampilan tadi. Karena dalam kompetisi LIDA 2021, para Duta diharuskan menguasai semua jenis musik dangdut bukan hanya di satujenis saja” papar Soimah.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dewa Amor

Berbeda dengan Hazmi, Ikhwan (Sulawesi Barat) berhasil membuat semua Dewan Juri terpesona. Peserta berusia 14 tahun ini mendapatkan standing ovation setelah membawakan lagu “Dewa Amor”. Ikhwan juga sukses menjawab semua tantangan yang diberikan dalam membawakan beberapa lagu dangdut dengan varian tempo yang berbeda. “Menurut saya penampilan perdana kamu malam ini sudah sangat bagus dan layak untuk maju ke babak selanjutnya” puji Soimah.

Persaingan di panggung LIDA Top 70 makin memanas dengan penampilan apik dari Nisa (Bengkulu) . Peserta ini berhasil menuai sebuah standing ovation dan pujian dari Dewi Perssik atas penampilan lewat lagu “Ilalang”. Menurut Dewi Perssik, dara asal Bengkulu tersebut berhasil membawakan lagu ini dengan warna yang berbeda. “Karakter suara berat yang kamu miliki akan menjadi keunikan kamu dibandingkan dengan para duta lainnya” ungkap Dewi .

Sayangnya keberuntungan yang sama tidak berpihak pada Farida (Jawa Barat). Walau berusaha tampil maksimal membawakan lagu “Jera”, peserta asal Garut ini tidak berhasil menuai satu pun standing ovation dari para Dewan Juri. Ini dibuktikan dengan komentar dari ketiga juri yaitu Soimah, Nassar, dan Dewi Persik yang merasa penampilan dari dara asal Jawa Barat tersebut masih terasa datar serta kurang mendalami makna lagu ini.

“Lagu ini seharusnya kamu bawakan dengan penuh kesedihan. Namun saya tidak merasakan itu di penampilan kamu malam ini," tambah Nassar.

 

3 dari 3 halaman

Polling

Kelima peserta telah menampilkan penampilan terbaik mereka di hadapan seluruh Dewan Juri. Hasil perolehan polling menempatkan Ratna (Kalimantan Selatan) dan Nisa (Bengkulu) berhasil melangkah ke babak selanjutnya. Sementara Hazmi (Aceh) dengan nilai sebesar 17.92, Farida (Jawa Barat) dengan nilai 17.31 dan Ikhwan (SulawesiBarat) hanya berhasil meraih nilai sebesar 16.68 berada di tiga terbawah.

Meskipun mendapatkan nilai terendah,Ikhwan (Sulawesi Barat) tetap lolos ke babak selanjutnya karena diselamatkan oleh Dewan Juri. Sementara Farida (Jawa Barat) harus tersenggol dan menghentikan perjuangannya di panggung LIDA 2021.

LIDA 2020 akan berlanjut ke Top 70 Group 6 Putih malam ini, Jumat (26/3/2021) live di Indosiar pukul 20.30 WIB dengan menampilkan Elsa (Kalimantan Barat), Nuel (Papua), Nursia (Maluku Utara), Sulis (Nusa Tenggara Barat), Yulia (Sumatera Utara).

Pemirsa dapat memberikan dukungan kepada Duta Provinsi favoritnya melalui aplikasi Shopee sebagai official voting partner LIDA 2021, atau kirim SMS ke 97288 dengan format: LIDA (spasi) Nama Duta dengan tarif Rp 2.200/SMS, agar Duta Provinsi kebanggaan pemirsa dapat tetap bertahan di panggung LIDA 2021.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini