Sukses

Namanya Terseret Kasus Suap Bansos Sebesar Rp 150 Juta, Cita Citata Beberkan 6 Prosedur Panggil Penyanyi

Liputan6.com, Jakarta - Nama Cita Citata disebut-sebut dalam sidang lanjutan kasus dugaan Pengadaan Bantuan Sosial (Bansos) Covid-19. Namanya disebut oleh mantan pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Kementerian Sosial (Kemensos) Adi Wahyono, Senin (8/3/2021).

Sebelumnya, nama pelantun "Sakitnya Tuh Disini" sudah masuk dalam salinan BAP yang dipegang jaksa saat bawahan Menteri Sosial Juliari Batubara yang bernama Matheus Joko Santoso hadir sebagai saksi.

"Pembayaran artis (Cita Citata) untuk kegiatan rapat Labuhan Bajo Rp 150 juta," kata Matheus Joko Santoso, merinci dugaan aliran uang tersebut dalam sidang yang sama.

 

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

2 dari 9 halaman

Tak Tahu

Cita Citata menjelaskan bahwa ia tak tahu bila Kemensos yang memanggilnya untuk mengisi acara.

"Cita yang ngundang itu EO, pihak EO. Jadi bukan dari pihak Kemensos. Jadi Kemensos minta ke EO, EO baru panggil kita. Jadi kita enggak tahu-menahu soal itu," kata Cita saat dihubungi awak media, Senin (8/3/2021).

 

3 dari 9 halaman

Beri Pencerahan

Lebih lanjut, Cita Citata memberikan pencerahan untuk orang-orang yang belum tahu prosedur memanggil seorang penyanyi dalam mengisi sebuah acara di akun Instagram terverifikasi miliknya, Selasa (9/3/2021).

"Silahkan yang dari tadi komentar bansos .. mungkin belum tau cara manggil penyanyi kaya gimana .. kebetulan saya punya management dan label music .. Saya kasih pencerahan buat kalian 🤗cc @chorusproduction," tulisnya.

 

4 dari 9 halaman

1. Pilih EO

Cita Citata pun merinci apa saja yang dilakukan untuk bisa memanggil seorang penyanyi untuk mengisi acara.

"1. Si yang punya uang memilih EO (event Organizer) untuk mengatur semua acaranya," paparnya di feed Instagram.

 

5 dari 9 halaman

2. Mencari Pengisi Acara

Setelah EO tersebut dipercaya, mereka pun mulai mencari para pengisi acara. "2. Kemudian si EO mencari beberapa pengisi acara dari milai (MC, band, sampai penyanyi)."

 

6 dari 9 halaman

3. Sepakat Harga

Setelah pihak EO menenentukan pengisi acara, mereka pun langsung menghubungi management atau manager yang bersangkutan.

"3. Lalu pihak EO menghubungi manager si Artis, dealing lah harga (harga ini bisa tidak sama dengan kontrak, karna berbagai macam kebutuhan (transport, uang fee EO, raiders, dll)," sambungnya.

 

7 dari 9 halaman

4. Kontrak Kerja

Setelah mendapat kesepakatan, dibuatlah kontrak kerja antara EO dan pengisi acara.

"4. Setelah dapet harga/deal bersama manager, Management dari Artis membuat kontrak kerja. (disitu akan tertera nama EO yang memanggil dan Management Artis) dan memang di kontrak juga tidak akan menanyakan dari mana si uang itu berasal," tambahnya.

 

8 dari 9 halaman

5. Cek Jadwal

Agar tak terjadi bentrok dengan acara lain, pihak management harus mengetahui jadwal si artis.

"Management artis mengecek schedule keberangkatan, hotel, dan kebutuhan artis (supaya semua aman)," lanjutnya.

 

9 dari 9 halaman

6. Beritahu soal Acara

Nah, si artis tak tahu menahu mengenai lima point di atas. Untuk sampai informasi ke artis memang harus melalui banyak tahap, dan si Cita Citata pun tak tahu uang itu berasal dari mana.

"Baru nyampe ke artis informasi hanya berupa acara (entah itu gathering, konser outdoor atau indoor, bajunya apa dan request lagu apa) That's it," ia mengakhiri.