Sukses

7 Potret Transformasi Stinky, Mulai dari Era Andre Taulany sampai Bergabungnya Yoda Idol

Kebersamaan Andre Taulany dan Stinky sempat tak terpisahkan di dunia musik.

Liputan6.com, Jakarta Mendengar nama Stinky, tentu yang terbayang adalah sosok Andre Taulany, sang vokalis yang sempat menjadi ikon grup musik yang berdiri sejak 1992 ini. Lalu, Andre bersama Stinky pertama kali muncul ke publik pada 1995 hingga mereka merilis album debut pada tahun 1997.

Kebersamaan Andre dan Stinky sempat tak terpisahkan di dunia musik. Sepanjang akhir 1990-an hingga pertengahan 2000-an, band ini cukup aktif. Sampai pada akhirnya, Andre Taulany berfokus di dunia komedi.

Stinky pun sempat vakum hingga Andre keluar pada 2007. Berkali-kali mereka mengganti vokalis sampai diputuskanlah Prattyoda Bhayangkara alias Yoda Idol sebagai pengganti tetap Andre Taulanny.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 12 halaman

Lagu Hit dan Album

Awal mula dikenal di Indonesia, Stinky yang kini beranggotakan Yoda (vokal), Kiki (keyboard), Yogi (gitar)‎, Ndank (gitar), Irwan (bass), dan Edi (drum), merilis lagu hit berjudul "Mungkinkah". Band asal Jakarta ini juga sudah memiliki setidaknya delapan buah album.

 

3 dari 12 halaman

Sudah 26 Tahun

Biarpun sudah tak lagi di band, Andre Taulanny tetap mengucapkan selamat kepada Stinky yang pada Selasa (2/2/2021) kemarin, sudah genap berusia 26 tahun sejak pertama kali muncul. Andre pun mengunggah logo Stinky di Instagramnya sambil membubuhi tulisan "Happy Anniversary 26 thn 1995-2021.

 

4 dari 12 halaman

Bangga

"Bangga pernah menjadi bagian dr Band Besar Ini. Happy Anniversary STINKY. Terus Berkarya Tanpa Batas. Jayalah Musik Indonesia. Di Darat Laut Dan Udara," ujar Andre dalam keterangannya.

 

5 dari 12 halaman

Potret Transformasi

Nah, rasanya menarik juga bila kita melihat kembali ke belakang hingga sekarang untuk melihat transformasi Stinky dari masa ke masa. Ikuti deretan potretnya berikut ini.

6 dari 12 halaman

1. Awal Berkarier

Menelusuri 26 tahun lalu, beginilah penampilan lawas para personel Stinky saat mereka pertama kali eksis di dunia musik nasional.

7 dari 12 halaman

2. Formasi Awal

Formasi awal Stinky di awal karier adalah Andre (vokal), Irwan (bass), Nanno (gitar), Ndhank (gitar), dan Edy (drum).

8 dari 12 halaman

3. Debut Album

Beginilah pose para personel Stinky setelah mereka merilis album debut berjudul dari nama band, sekaligus hit single paling fenomenal sepanjang masa, "Mungkinkah", pada 1997.

9 dari 12 halaman

4. Album Kedua

Pada 1998, mereka merilis lagu hit selanjutnya, "Jangan Tutup Dirimu", sekaligus album kedua berjudul JTD. Ini adalah salah satu potret peluncurannya.

10 dari 12 halaman

5. Awal 2000-an

Stinky tetap produktif hingga 2000-an. Ini adalah salah satu potret transformasi penampilan mereka yang paling drastis perubahannya.

11 dari 12 halaman

6. Andre Keluar

Hengkang pada 2007, Andre tetap mengisi posisi vokalis di beberapa kesempatan. Ini adalah salah satu event yang melibatkan Andre setelah keluar dari Stinky.

12 dari 12 halaman

7. Masuknya Yoda Idol

Bergabungnya Yoda Idol, membuat warna musik Stinky terasa lebih progresif. Namun begitu, hubungan kekerabatan mereka dengan Andre Taulany masih tetap bertahan hingga sekarang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.