Sukses

7 Potret Komedian Kiwil dari Ngerjain Orang hingga Jadi Gemar Berdakwah

Liputan6.com, Jakarta Nama Kiwil kini sedang banyak diperbincangkan lantaran masalah rumah tangga yang tengah melanda dirinya. Namun bila kita melihat sisi lainnya, Kiwil adalah sosok komedian senior yang bertalenta.

Pemilik nama Wildan Delta ini sudah menapaki karier sejak 1990-an. Kala itu, ia tampil bersama grup Sembako yang di dalamnya juga terdapat komedian Yadi dan Murfi.

Pelawak kelahiran 10 Agustus 1972 ini lantas bergabung dengan salah satu acara komedi televisi pada tahun 2000-an. Dari situlah Kiwil mulai dikenal luas oleh masyarakat Indonesia.

2 dari 10 halaman

Rumah Tangga

Di tengah badai rumah tangga saat masih memiliki dua istri Kiwil tetap mampu mengembangkan kariernya. Mulai dari acara televisi, sinetron, hingga film layar lebar dilakoninya. Kini, Kiwil lebih sering terlihat mendalami agama sambil berdakwah.

 

3 dari 10 halaman

Perubahan Dulu dan Sekarang

Lalu, seperti apakah perubahan Kiwil dari zaman dahulu hingga sekarang berdasarkan rekam jejak kariernya? Berikut deretan potret pilihan Liputan6.com dari beragam sumber.

4 dari 10 halaman

1. Di Acara Asep Show

Salah satu acara lawas era 1990-an yang pernah menampilkan Kiwil di layar kaca adalah Asep Show.

5 dari 10 halaman

2. Acara Spontan

Spontan adalah salah satu acara ikonis televisi yang mengudara pertama kali di SCTV. Pada awal 2000, Kiwil sempat terjun ke lapangan sebagai talent usil yang mengerjai sejumlah orang di tempat umum.

6 dari 10 halaman

3. Di Acara Sahur

Bersama Komeng, Adul, dan almarhum Olga Syahputra, Kiwil juga pernah tampil di acara televisi bertema Saatnya Kita Sahur yang mengudara pada 2009.

7 dari 10 halaman

4. Debut di Film Horor

Melebarkan sayap di dunia akting, Kiwil tak hanya tampil dalam sinetron. Ia juga terjun ke layar lebar. Tiren: Mati Kemaren adalah film pertama yang dimainkannya pada 2008 silam.

8 dari 10 halaman

5. Film Drama Komedi

Selain Tiren, Kiwil juga sempat tampil dalam sebuah film di tahun yang sama. Bedanya, film yang ini bergenre drama komedi berjudul Tulalit.

9 dari 10 halaman

6. Main Film Horor Komedi

Pada 2013, Kiwil kembali tampil di layar lebar dalam film berjenis horor komedi berjudul Pokun Roxy. Setelah itu, ia lebih sering tampil di layar televisi dalam sejumlah acara maupun sinetron bertema religi.

10 dari 10 halaman

7. Berdakwah

Di sela-sela kegiatannya tampil di layar kaca dan film, Kiwil juga mendalami agama Islam sambil berdakwah di beberapa kesempatan. Ia bahkan sudah sering dipanggil Ustaz Kiwil.