Sukses

Profil Farida Pasha Pemeran Mak Lampir yang Meninggal Dunia

Liputan6.com, Jakarta Farida Pasha aktris gaek yang terkenal lewat perannya sebagai Mak Lampir meninggal dunia, Sabtu (17/1/2021). Sebelum mengembuskan napas terakhirnya dalam usia 68 tahun, Farida Pasha sempat mendapatkan perawatan intensif setelah positif terpapar Covid-19.

Kabar meninggalnya bintang film Misteri Gunung Merapi dibenarkan oleh anaknya, Gina Sonia. Sebelum dinyatakan positif Covid-19, Farida Pasha sempat mengalami vertigo.

"Mama awalnya sakit vertigo dan lambung sudah 2 kali ke dokter, tapi kondisinya terus melemah sehingga dibawa ke rumah sakit. Setelah dilakukan berbagai tes dan rontgen mama terkena early pneumonia, juga hasil swab-nya positif (Covid-19),” imbuh Gina Sonia.

Generasi muda mungkin belum akrab dengan mendiang Farida Pasha, tapi ia terkenal lewat perannya yang ikonis sebagai Mak Lampir.

2 dari 5 halaman

Fim Pertama

Lahir di Tasikmalaya pada 21 Agustus 1952, Farida Pasha meniti karier di usia 25 tahun sebagai bintang film. Namanya mulai dikenal setelah membintangi film Guna-Guna Isteri Muda (1977) yang disutradarai oleh B.Z. Kadaryono.

Dalam film tersebut ia beradu akting dengan Roy Marten, Rina Hasyim dan masih banyak lagi.

3 dari 5 halaman

Mak Lampir

Sejak itu, tawaran film terus berdatangan ke Farida Pasha. Namun kebanyakan film yang dibintangi oleh nenek artis muda Ify Alyssa adalah film horor, yang akhirnya mengantarkan dirinya sebagai pemeran Mak Lampir dalam film Misteri Gunung Merapi pada tahun 1989.

Misteri Gunung Merapi sempat dibuatkan drama yang tayang di Indosiar, dimulai sejak 1998 hingga tahun 2005. 

4 dari 5 halaman

Puluhan Film

Total ada 33 film yang dimainkan oleh mendiang Farida Pasha selama menapaki kariernya di industri film Tanah Air.

Di antaranya adalah Tante Sun (1977), Bahaya Penyakit Kelamin (1978), Pembalasan Guna-Guna Isteri Muda (1978),  Perempuan Tanpa Dosa (1978), Kisah Cinta Rojali dan Zuleha (1979), Nikmatnya Cinta (1980), Ratu Pantai Selatan (1980) dan yang terakhir The Secret: Suster Ngesot Urban Legend (2018).

5 dari 5 halaman

Keturunan

Farida Pasha menikah dengan Edi Rahmat dan dikaruniai seorang anak bernama Gina Sonia. Tak seperti ibunya, Gina Sonia memilih menjadi penyiar TVRI yang saat ini sudah pensiun.

Ternyata darah seni menurun ke cucunya, Ify Alyssa, yang sempat bergabung dalam Blink. Beberapa sinetron dan lagu sempat dibawakan Ify Alyssa