Sukses

6 Warisan Farida Pasha bagi Film Indonesia, dari Guna-Guna Isteri Muda Hingga Mak Lampir yang Legendaris

Berkarier di layar lebar sejak 1977, Farida Pasha meraih popularitas lewat sejumlah film horor laris. Dimulai dengan Guna-guna Istri Muda.

Liputan6.com, Jakarta Industri film Indonesia kehilangan salah satu ikonnya. Aktris Farida Pasha yang dikenal lewat peran legendaris Mak Lampir meninggal dunia pada Sabtu (16/1/2021).

Farida Pasha meninggal dunia karena sakit. Berkarier sejak 1977, ia membintangi lebih dari 30 film layar lebar termasuk mendampingi Rhoma Irama dalam Satria Bergitar dan tampil bareng Warkop DKI di IQ Jongkok.

Namun, Farida Pasha meroket lewat sejumlah film horor. Mengenang Farida Pasha meninggal dunia, laporan khas Showbiz Liputan6.com menampilkan 6 film ikonis sang aktris. Yang mana favorit Anda?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Guna-Guna Isteri Muda (1977)

Sekalinya main film langsung sukses. Itulah yang dialami Farida Pasha lewat Guna-guna Isteri Muda karya BZ Kadaryono. Di film itu, ia memerankan Sandra, istri muda yang bertikai dengan istri tua, Tati (Rina Hassim).

Rupanya, Sandra main dukun. Dibantu Mbah Darsih (Connie Sutedja), ia berniat pula mengerjai Tommy (Roy Marten) anak suaminya sendiri. Saking fenomenal, setahun kemudian Farida Pasha kembali dalam Pembalasan Guna-Guna Isteri Muda.

3 dari 7 halaman

2. Ratu Pantai Selatan (1980)

Tiga tahun setelahnya, Farida Pasha kembali dengan karakter yang tak jauh dari kelenik. Ratu Pantai Selatan karya sineas Ackyl Anwaryl mempertemukan Farida dengan Drg. Fadly dan Susana Caecilia.

Dalam film ini, ia memerankan Darsi juragan kapal yang punya ilmu hitam. Ia mengincar Komar (Fadly). Sayang, cintanya bertepuk sebelah tangan. Film ini disambut hangat mengingat tema Nyi Roro Kidul tak lekang dimakan zaman.

4 dari 7 halaman

3. Dukun Ilmu Hitam (1981)

Masih ingat Ruth Pellupessy, pemeran Bibi Darmina dalam film Pengabdi Setan? Dukun Ilmu Hitam mempertemukan Farida Pasha dengan Ruth. Bedanya, Farida dalam film ini jadi protagonis bernama Maya.

Kisahnya bermula ketika Dewi (Ruth) wanita ular membunuh perempuan lalu mengambil bayinya. Dua bayi yang dibesarkannya dinamai Maya dan Sari. Beranjak dewasa, kehidupan keduanya tak jauh dari teror.

5 dari 7 halaman

4. Nenek Grondong (1982)

Masyarakat Indonesia mengenal sejumlah lelembut. Selain pocong dan kuntilanak, ada kuyang atau nenek grondong yakni makhluk jadi-jadian ini suka mengisap darah bayi atau ibu hamil.

Dalam Nenek Grondong karya sineas Washi Dipa, hantu ini diperankan Farida Pasha yang meneror ketentraman desa. Peran Nenek Grondong seolah menjadi pemanasan sebelum sang aktris menjelma Mak Lampir.

6 dari 7 halaman

5. Misteri Gunung Merapi (1989)

Tujuh tahun setelah Nenek Grondong meneror layar putih, Farida Pasha kembali dengan peran yang membuat namanya abadi di industri film Tanah Air, yakni Mak Lampir musuh bebuyutan Sembara.

Dari aspek kualitas, trilogi Misteri Gunung Merapi tidak terlalu apik. Namun popularitas sandiwara radionya kadung melekat di hati masyarakat. Hingga kini, Mak Lampir identik dengan Farida Pasha.

7 dari 7 halaman

6. 40 Hari Bangkitnya Pocong (2008)

Diawali insiden kecelakaan mobil, kisah 40 Hari Bangkitnya Pocong karya Rudy Soedjarwo melahirkan teror yang membuat Jessi (Sabai Morscheck) dan Nino (Raffi Ahmad) depresi berat.

Teror ini berasal dari jenazah berbalut kain kafan putih yang disimpan di loteng. Pelakunya, ternyata Tante Alice (Farida Pasha) yang tak bisa menerima kenyataan pahit. Performa Farida di film ini tak kalah mencekam dari teror pocong itu sendiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.