Sukses

Asal Mula Nama Komeng di Dunia Komedi Indonesia

Liputan6.com, Jakarta Komedian Komeng dikenal dengan gayanya yang selalu berhasil mengocok perut penonton yang menyaksikan penampilannya. Namun siapa sangka pemilik nama asli Alfiansyah Bustami ini sebelumnya sempat keberatan dengan nama panggung Komeng. 

Hal itu diungkapkan oleh rekan Komeng, Rudi Sipit. Keduanya memang sama-sama merintis karier di dunia komedi. Saat sama-sama di Radio SK Jakarta di awal tahun 1990-an hingga kemudian keduanya sama-sama mulai merambah di televisi di program Kompor Diamor

Rudi Sipit mengungkap soal sisi lain Komeng. Dia pun mengungkapkan soal awal mula nama Komeng hingga kini menjadi salah satu komedian senior yang namanya selalu diingat publik. Berikut ulasan selengkapnya seperti dilansir channel Humoria Indonesia.

2 dari 6 halaman

Berawal di Radio

Rudi Sipit mengungkapkan dirinya dan Komeng sama-sama merintis karier di Radio SK. Sebelum dikenal sebagai Komeng, sosoknya dikenal sebagai Simon. Acara yang dibuat Rudi Sipit bersama Komeng serta rekan-rekannya di Radio SK kemudian dibawa ke TV.

"Di TPI bikin Kompor Diamor. Kalau Bagito kan Ba-Sho. Pas di SK saya masukin ke TV. Awalnya di SK dulu Diamor tuh, jadi ada komeng. Dulu belum komeng namanya Simon di radio SK. Saya selalu ngeliat kesuksesan siapa grupnya nih. Dulu Bagito itu Dedi jadi Miing. Terus teknik ngelawaknya grup itu saya tiru Jayakarta. Ini bagus nih. Teknik ngelawak saya tiru Jayakarta," kata Rudi Sipit.

 

3 dari 6 halaman

Awal Nama Komeng

Rudi Sipit kemudian mengubah nama rekannya tersebut dari Simon menjadi Komeng. Dia meniru pola yang dilakukan Dedi Gumelar yang dikenal sebagai sosok Miing.

“Terus nama Komeng saya ubah dari Simon ke Komeng kayak Miing. Saya tanya 'lu mau ga gua ubah'. Nah yang namain Komeng itu Mamo. Dulu di Radio SK ada beberapa segmen dulu saya bikin jadi preman. Cuman saya pikir preman itu konotasinya jelek cuma saya bikin komeng itu ceplas-ceplos, usil, iseng, celetukannya sok tahu. Akhirnya namanya Komeng," katanya.

 

4 dari 6 halaman

Sempat Menolak

Menurut Rudi Sipit, Komeng saat itu awalnya sempat menolak namanya diubah. Dia masih 'keukeuh' ingin menggunakan nama Simon.

"Dia (Komeng) bilang 'engga bisa gua pake nama Simon, enak aja'. Ya udah saya akalin. Udah 5 segmen tadi yang 3 segmen pake nama Komeng, yang 2 segmen pake nama Simon. Terus ga lama syuting di TPI, ya udah pas syuting keluar banyak dipanggil 'meng meng'," sambung Rudi.

 

 

5 dari 6 halaman

Pakai Nama Komeng

Komeng akhirnya bersedia berubah nama panggung. Sebab banyak masyarakat yang mengenalnya sebagai sosok Komeng.

"Mulai situ syuting, dia (Komeng) bilang 'ilangin simon, gua pake nama Komeng' jadi itu rezeki," kata Rudi Sipit.

 

6 dari 6 halaman

Puji Talenta Komeng

Rudi Sipit mengakui sosok Komeng sebagai sosok komedian hebat.

"Telentnya bagus, ininya (menunjuk kepala) cepet. Makanya ini pas nih," ungkapnya. 

Sumber: Merdeka.com