Sukses

Almarhum Ade Firman Hakim Menang Piala Citra FFI 2020, Christine Hakim Nangis di Panggung

Liputan6.com, Jakarta Malam puncak Festival Film Indonesia atau FFI 2020 yang digelar di Jakarta, Sabtu (5/12/2020) meninggalkan momen haru. Aktor Ade Firman Hakim yang meninggal pada 14 September 2020 menang Piala Citra.

Mendiang Ade Firman Hakim menang di kategori Pemeran Pendukung Pria Terbaik dalam film Ratu Ilmu Hitam. Mantan Manager Ade Firman Hakim, Ruli Lubis, menerima Piala Citra mewakilinya.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Allah, keluarga Ade Firman Hakim Ibu Atiek Susilowati, Inez, Anas, Ide, dan seluruh anggota keluarga almarhum,” ucap Ruli Lubis lalu mengingat film Ratu Ilmu Hitam.

2 dari 5 halaman

Di Balik Tirai Itu

Sesaat kemudian, Christine Hakim ditetapkan sebagai Pemeran Pendukung Wanita Terbaik lewat Perempuan Tanah Jahanam. Sebelum berpidato, ia menangisi kemenangan Ade Firman Hakim.

“Di balik tirai itu saya mendengar Ade Firman Hakim disebut sebagai pemenang. Sejak film Ibu Maafkan Aku (dia) menjadi anak saya,” ungkap Christine Hakim dengan air mata berlinang.

3 dari 5 halaman

Andai Almarhum di Sini

“Saya tidak bisa membayangkan andai kata almarhum ada di sini, pada malam hari ini, bersama saya menerima Piala Citra kategori yang sama” ujar Christine Hakim. Mudah-mudahan dengan izin Tuhan beliau bisa melihat atau merasakan,” imbuhnya.

Dalam kesempatan itu, Christine Hakim mendoakan agar amal Ade Firman Hakim diterima Sang Khalik. Begitu pula kesalahannya diampuni Tuhan Yang Mahaesa.

4 dari 5 halaman

Pesaing Ade Firman Hakim

Seperti Pemeran Utama Pria Terbaik, kategori Pemeran Pendukung Pria Terbaik Festival Film Indonesia tahun ini pun diisi oleh tujuh aktor berbakat Tanah Air.

Di samping Ade Firman Hakim, ada Butet Kertaradjasa (Abracadabra), Iszur Muchtar (Susi Susanti: Love All), Kiki Narendra (Perempuan Tanah Jahanam), dan Totos Rasiti (Mekah I’m Coming). 

5 dari 5 halaman

Nomine Lain

Nomine lain yang tak kalah mencuri perhatian, Yoga Pratama (Mudik) dan Yudi Ahmad Tajudin lewat peran gandanya di film eksentrik Hiruk-Pikuk si Al-Kisah karya Yosep Anggi Noen.

Pada FFI tahun lalu, Piala Citra Pemeran Pendukung Pria Terbaik dipercayakan kepada Whani Darmawan dalam film Kucumbu Tubuh Indahku karya Garin Nugroho.