Sukses

Aktor Darth Vader David Prowse di Film Star Wars Pertama Meninggal Dunia

Liputan6.com, London - David Prowse, sosok di balik topeng dan jubah ikonis Darth Vader di film Star Wars pertama, berpulang ke pangkuan Sang Khalik. Dilansir dari BBC, Senin (30/11/2020), ia meninggal dunia dalam usia 85 tahun.

Kematian bintang Star Wars: Episode IV - A New Hope ini  dikabarkan agensinya, Bowington Management, lewat Twitter, Minggu (29/11/2020) dan juga dikonfirmasi kepada The Hollywood Reporter. 

"Dengan berat hati dan rasa sedih yang menyakitkan hati kami dan jutaan penggemar lain di seluruh dunia, kami mengumumkan bahwa klien kami DAVE PROWSE M.B.E. telah meninggal dunia dalam usia 85 tahun," begitu ucapan dukacita yang diumumkan Bowington Management. 

2 dari 5 halaman

Sempat Sakit

Kepada CNN, agennya yang bernama Thomas Bowington menyebut sang aktor sempat menderita sakit tak lama sebelum meninggal dunia. 

CNN juga melaporkan bahwa pada 2018 Davis Prowse sempat mendapat pengobatan untuk kanker prostat.

3 dari 5 halaman

Dukacita Para Bintang Star Wars

Para bintang Star Wars langsung mengungkap dukacitanya atas kabar ini. Mereka mengungkap belasungkawa di media sosial masing-masing. 

"Ia adalah pria baik dan jauh lebih dari sekadar sosok Darth Vader. Ia mencintai para penggemar sebanyak mereka mencintainya," tutur Mark Hamill di Twitter. 

Anthony Daniels, yang memainkan C-3PO di 11 dari 12 film Star Wars juga mengungkap rasa dukacitanya via Twitter. "Figur ikonis Dave telah mendominasi film sejak tahun 77 dan dia melakukan banyak hal setelahnya," cuitnya. 

4 dari 5 halaman

Lima Dekade

Karier David Prowse di bidang perfilman, telah berjalan selama lima dekade. Ia juga sempat tampil di sejumlah film dan serial TV kondang seperti A Clockwork Orange, Doctor Who, dan Little House on the Prairie.

Namun tentu saja perannya sebagai Darth Vader yang paling dikenal publik. 

 

 

5 dari 5 halaman

Mantan Atlet

Postur tubuhnya yang tegap, dan tingginya yang tercatat sekitar 1,98 meter, membuat penggemar begitu terkesan dengan penampilan Vader dalam film ini. Namun aksennya dinilai tak cocok dengan karakter antagonis ikonis ini, sehingga suaranya diisi oleh James Earl Jones.

Ia diketahui merupakan seorang atlet binaraga dan angkat berat. BBC mencatat ia bahkan pernah mewakili Inggris di Commonwealth Games pada awal 1960-an.