Sukses

Ria Ricis Jalani Wisuda Online Setelah 7 Tahun Kuliah

Usai berkuliah selama 7 tahun, Sabtu (28/11/2020) Ria Ricis akhirnya mendapat predikat Sarjana Ilmu Komunikasi setelah menjalani wisuda secara online.

Liputan6.com, Jakarta - Ria Ricis akhirnya memetik hasil dari kerja kerasnya dalam menempuh gelar sarjana. Adik Oki Setiana Dewi itu, selama ini selalu berjuang membagi waktu antara pekerjaan dan pendidikan.

Usai berkuliah selama 7 tahun, Sabtu (28/11/2020) Ria Ricis ini akhirnya mendapat predikat Sarjana Ilmu Komunikasi setelah menjalani wisuda secara online. Meski berlangsung secara virtual, namun hal tersebut tak menyurutkan kebahagiaan Ria Ricis menjalani wisuda di rumah.

"Hari ini Ricis wisuda walaupun online. Berasa senang karena setelah 7 tahun merintis di kampus, akhirnya di tahun 2020 ini bisa menyandang status sarjana Ilmu komunikasi," kata Ria Ricis.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Wajar

Semenjak pandemi, banyak yang memandang sebelah mata kepada mereka yang lulus sekolah atau ujian dengan prosesi online. Namun, Ria Ricis menganggap hal itu wajar dilakukan mengingat besarnya resiko jika tetap melakukan acara wisuda secara tatap muka.

"(Wisuda online) Sebenarnya ada senengnya, tapi ada juga ya, 'kok online sih, kan pengin ketemu ama yang lain'. Tapi kan karena situasi di luar belum memungkinkan jadi ikutin saja," katanya lagi.

 

3 dari 4 halaman

Tidak Mudah

Terlepas dari itu, Ria Ricis tetap bersyukur karena pada akhirnya ia bisa menyelesaikan pendidikannya di salah satu Universitas Swasta di kawasan Depok, Jawa Barat. Mengingat, selama ini ia memang sangat disibukkan dengan pekerjaannya.

"Memang harusnya bisa 3,5 atau 4 tahun, tapi Allah berkehendak lain karena kerja sambil kuliah itu nggak gampang buat Ricis," kata Ria Ricis.

 

4 dari 4 halaman

Terbengkalai

Ria Ricis menyadari bahwa bukan hal yang mudah untuk fokus dalam menjalani dua bidang secara bersamaan. Hal itu lah yang paling menjadi faktor mengapa ia menyelesaikan kuliahnya selama 7 tahun.

"Ada hal-hal yang buat ricis kayaknya ini dlu deh, kayaknya itu dulu deh. Mau ga mau kuliah terbengkalai. Tapi ternyata bisa diselesaikan walau 7 tahun," tutup Ria Ricis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.