Sukses

Akun Jung Joon Young Dihapus Instagram karena Cap Penjahat Seksual

Jung Joong Young dan Choi Jong Hoon terbelit kasus kekerasan seksual serta penyebaran video yang direkam secara ilegal.

Liputan6.com, Seoul - Bila Anda mencari akun Instagram Jung Joon Young, @sun4finger, hasilnya hanya akan muncul sebaris tulisan: "Maaf, halaman ini tak tersedia". Rupanya, akun ini memang telah dihapus oleh Instagram. 

Dilansir dari Allkpop, Rabu (18/11/2020), akun Instagram Jung Joon Young dihapus pada 16 November 2020. Tak hanya miliknya, tapi juga rekannya, Choi Jong Hoon. 

Penghapusan akun Instagram Jung Joon Young, ternyata bukan karena laporan dari warganet atau pemerintah Korea Selatan. Melainkan kebijakan internal media sosial milik Facebook tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Penjahat Seksual

Kebijakan Instagram memang menyebutkan bahwa mereka menonaktifkan akun yang dimiliki orang yang dipidana atas kejahatan seksual. Choi Jong Hoon dan Jung Joon Young, masuk dalam kategori ini. 

3 dari 5 halaman

5 Tahun Penjara

Seperti diketahui, Jung Joong Young dan Choi Jong Hoon terbelit kasus kekerasan seksual serta penyebaran video yang direkam secara ilegal. 

September lalu, Mahkamah Agung Korea Selatan menolak permohonan banding yang diajukan keduanya. Alhasil, Jung Joon Young bakal menghabiskan lima tahun di penjara, sementara Choi Jong Hoon mendapat vonis bui 2,5 tahun.

 

4 dari 5 halaman

Go Young Wook

Mereka bukan artis Korsel pertama yang akun Instagram-nya dihapus karena kasus kekerasan seksual. Go Young Wook, mantan anggota Roo'ra, bernasib serupa. 

Go Young Wook melakukan kekerasan seksual terhadap anak di bawah umur pada 2010, dan divonis 2,5 tahun penjara. 

 

5 dari 5 halaman

Berumur Sehari

Akun Instagram Go Young Wook, hanya berumur sehari. Ia membuat akun dan mengunggah fotonya pada 12 November, dan dihapus Instagram keesokan harinya. 

Ia kemudian mengeluh di Twitter. "Instagram-ku sudah ditutup. Aku menerima banyak pesan langsung, jadi aku ingin membalasnya satu per satu, tapi kemudian aku tak bisa meresponsnya. Lalu aku benar-benar tak bisa mengakses akunku," cuitnya. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.