Sukses

Bisma Karisma Main Film Kadet 1947 Karena Wujudkan Cita-Cita Ayah

Bisma Karisma sempat diminta ayahnya menjadi anggota TNI Angkatan Udara.

Liputan6.com, Jakarta Bisma Karisma baru saja menyelesaikan syuting film terbarunya yang berjudul Kadet 1947. Film ini adalah film sejarah atau perjuangan para kadet dalam mempertahankan Kemerdekaan Indonesia. 

Dalam film yang digarap oleh Rahabi Mandra dan Aldo Swastia ini, Bisma Karisma berperan sebagai Surardjo Sigit. Bisma ternyata memiliki alasan sentimentil kenapa dirinya tertarik untuk terlibat dalam film Kadet 1947.

Tak banyak yang tahu, bahwa ayah Bisma Karisma pernah bekerja di dalam kesatuan Angkatan Udara. Sebagai seorang militer, ayah Bisma ingin anaknya mengikuti jejaknya. Namun, pada saat itu Bisma memilih untuk mengambil jalur lain untuk menjadi seorang seniman.

“Ini cita-cita papa saya. Ia Angkatan Udara. Ketika aku tanya kenal Sutardjo Sigit, bapak saya bilang kenal. Semoga saat film ditayangkan, papa bisa menonton, papa bisa merasakan ini cita-citanya agar aku masuk ke Angkatan Udara. Pas kelas 2 SMA itu sudah ditawarkan untuk jadi Taruna, tapi saya tidak mengiyakan," ungkap Bisma Karisma.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Membahagiakan

"Saat itu saya meminta izin untuk membahagiakan papa mama dengan cara lain, dan diizinkan. Akhirnya lewat film Kadet 1947 ini saya bisa mewujudkan cita-cita papa melihat anaknya sebai seorang Angkatan Udara," lanjut Bisma.

 

3 dari 5 halaman

Konsep

Namun, selain alasan sentimentil tersebut, Bisma menyebut beberapa alasan lain kenapa dirinya menerima tawaran film ini. 

“Konsepnya menarik, produksinya digarap dengan serius, film kolosal pertama saya. Film adaptasi sejarah yang memancing saya secara personal untuk memiliki jiwa nasionalis yang lebih tinggi lagi," katanya. 

 

4 dari 5 halaman

Observasi

Memerankan sosok Sutardjo Sigit, Bisma pun harus melakukan observasi dan pendalaman karakter. Beruntung dirinya juga mendapat pendampingan dari anggota TNI AU. Dari hasil diskusinya, Bisma mampu menyerap bagaimana memerankan sosok kadet Angkatan Udara kala itu. 

“Saya mencoba melihat sosok Sigit dari berbagai sisi, dia yang sebagai kadet seperti apa, dia sebagai pemimpin seperti apa, sahabat seperti apa, kekasih seperti apa. Dari situ bisa lebih berempati dan memahami motivasinya Sigit melakukan ini dan itu Saya juga banyak diskusi dengan para anggota TNI AU yang jadi pendamping sekaligus referensi untuk film ini, bagaimana sih sosok kadet saat itu. Belajar cara jalan, cara bersikap, mengemudikan pesawat,” tuturnya.

 

5 dari 5 halaman

Film Sejarah

Film Kadet 1947 merupakan film drama berlatar belakang sejarah yang terinspirasi dari peristiwa serangan udara pertama Indonesia ke tentara Belanda yang menduduki wilayah-wilayah di Indonesia pada saat Agresi Militer Belanda I tahun 1947.  

Aksi ini dilakukan oleh para kadet (calon siswa TNI Angkatan Udara) yang memiliki semangat untuk mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia saat itu. Diproduksi oleh Temata Studios dan didukung oleh Screenplay Films dan Legacy Pictures yang rencananya akan tayang pada tahun 2021.

Selain Bisma Karisma, beberapa aktor besar terlibat juga di dalamnya. Mereka adalah Kevin Julio, Martino Lio, Aryo Bayu, Wafda Saifan, Mike Lucock, Ibnu Jamil, dan masih banyak lagi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.