Sukses

Ifa Isfansyah dan Eddie Cahyono Menyutradarai Losmen, Siapa Pemeran Bu Broto yang Legendaris?

Serial Losmen sebanyak 31 episode, fenomena industri televisi di era 1980-an. Kini serial yang melahirkan tokoh ikonis Bu Broto ini difilmkan.

Liputan6.com, Jakarta Masih ingat Losmen? Serial legendaris di era 1980-an ini tayang di TVRI yang saat itu jadi satu-satunya stasiun televisi publik. Losmen melahirkan karakter ikonis Bu Broto, dimainkan dengan apik oleh Mieke Widjaya.

Saking sukses, Losmen diangkat ke layar lebar dengan judul Penginapan Bu Broto, pada 1987. Karya sineas Tatiek Maliyati ini diperkuat Mathias Muchus, Cintami Atmanegara, dan Marissa Haque.

Kini setelah lebih dari 30 tahun, Losmen difilmkan lagi. Dengan judul Losmen Bu Broto, sebuah pertanyaan pun muncul. Siapa sutradara dan pemeran Bu Broto yang ikonis ini?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Susahnya Mencari Bu Broto

Losmen Bu Broto digarap Paragon Pictures dan Ideosource Entertainment. Produser Paragon Pictures, Robert Ronny, mengakui, mencari pemeran Bu Broto yang ikonis bukan mudah.

Nyari aktris usia segini, 50 tahunan, siapa gitu ya? Ini juga masalah di perfilman kita bahwa regenerasi aktor tidak terlalu banyak. Setelah berpikir agak lama akhirnya kita sepakat bagaimana kalau kita mudakan sedikit?” ungkap Robert Ronny.

3 dari 5 halaman

Duet Mathias Maudy

“Jadi pemeran-pemeran lain kita mudakan sedikit. Setelah sepakat untuk memudakan sedikit, langsung nama yang top on head adalah Maudy Koesnaedi,” urai Robert Ronny dalam gelar wicara virtual, Selasa (27/10/2020).

Pak Broto dimainkan Mathias Muchus, yang di serial aslinya memerankan Tarjo. Maudy Koesnaedi dan Mathias Muchus menjalani tes kamera. “Chemistry-nya dengan Mas Muchus sangat bagus. Kita teken Maudy dengan keyakinan 100 persen,” imbuhnya.

4 dari 5 halaman

Rekam Jejak Sutradara

Film ini disutradarai Ifa Isfansyah dan Eddie Cahyono. Keduanya sahabat lama. Ifa Isfansyah ingat betul, Eddie-lah yang meracuninya untuk bikin film. Ifa Isfansyah dan Eddie Cahyono bikin film pendek pertama yang membuka jalan mereka di industri layar lebar.

Ifa Isfansyah jadi Sutradara Terbaik FFI 2011 lewat film Sang Penari. Tiga tahun kemudian, giliran Eddie Cahyono meraih Piala Citra Penulis Skenario Asli Terbaik berkat Siti. Ifa Isfansyah mengaku tak punya alasan menolak proyek Losmen Bu Broto

5 dari 5 halaman

Unsur Nostalgia

“Tidak punya alasan sedikit pun untuk tidak menyambut baik proyek ini. Selain suka kontennya, ini sebuah peristiwa yang nostalgic sekali,” ucap Ifa Isfansyah kepada Showbiz Liputan6.com.

“Dari kecil, saya tumbuh bersama televisi dengan stasiun satu-satunya. Losmen adalah acara di mana saya dan kakak-kakak sangat menunggu. Saat dipercaya mengeksekusi proyek ini, sangat menyenangkan,” ujarnya. Syuting Losmen Bu Broto akan dilakukan di Yogyakarta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.