Sukses

NCT Ditegur Fans Via Video Call, Penggemar di Korsel Tersinggung

Liputan6.com, Seoul - Momen video call antara idola dan penggemar pada masa promosi yang kini kian umum digelar, biasanya berisi interaksi manis antara mereka. Namun momen berbeda ditemui YangYang NCT dalam gelaran video call Yes24 yang digelar baru-baru ini. 

Seorang warganet memberikan teguran kepada NCT melalui YangYang pada momen tersebut. Dilansir dari Koreaboo, Senin (26/10/2020), hal ini diketahui dari unggahan warganet tersebut di Twitter, berisi percakapan dalam video call-nya.

Hal ini dilakukan karena menurut sebagian warganet, grup NCT telah melakukan cultural appropriation, atau menampilkan elemen kebudayaan dari ras atau golongan lain, tanpa memperhatikan nilai tradisi yang terkandung di dalamnya.

2 dari 5 halaman

Teguran Warganet

Disebutkan Koreaboo, awalnya warganet memuji NCT dan subunitnya, Way V, yang kini makin populer secara global. Namun ia memperingatkan, hal ini membuat dampak dari tindakan mereka kian besar. 

"Kuharap kalian merangkul perbedaan kebudayaan dari penggemar internasionalmu karena tindakan kecil pun, meski dengan niat tulus, bisa berdampak besar bagi kami," begitu pernyataan warganet dengan nama akun @_doyoungienim. Kini saat dilakukan pencarian, akun tersebut tak lagi bisa ditemukan.  

3 dari 5 halaman

Yang Mendukung dan Menentang

Koreaboo mencatat bahwa banyak penggemar internasional mendukung langkah ini, agar NCT tidak melakukan kekeliruan serupa. Namun rupanya ini membuat penggemar NCT di Korea Selatan tersinggung. Mereka menyesalkan peristiwa yang menurut mereka kelewatan ini. 

4 dari 5 halaman

Diprotes

"Video call ini digunakan agar penggemar berinteraksi dengan para anggota, bukan mempermalukan dan membuat mereka merasa tak nyaman. Kalau ada isu dan kalian ingin menyuarakan opini, ada cara yang lebih baik agar pesan kalian sampai," tutur seorang warganet Korsel. 

"Mengapa membawa-bawa YangYang dan Johnny? Hanya karena mereka bisa bahasa Inggris? Bahkan, kenapa sampai membawa hal ini dalam fan meeting? Tolong," tutur warganet lain.

5 dari 5 halaman

Awal Mula

Diketahui, sebelumnya NCT sempat dikritik sebagian penggemar internasional. Ini karena di pengujung salah satu penampilan mereka, Taeyong melakukan gerakan tari India dengan cara yang dianggap menyinggung.