Sukses

Desainer Ikonis Kenzo Takada Meninggal Dunia karena Corona Covid-19

Kenzo Takada adalah pendiri rumah mode dunia Kenzo.

Liputan6.com, Paris - Desainer Kenzo Takada, sang pendiri kerajaan fashion dunia Kenzo, meninggal dunia pada Minggu (4/10/2020). Dilansir dari CNN, ia meninggal di Paris, kota tempatnya tinggal selama ini, setelah terjangkit Corona Covid-19.

Berpulangnya Kenzo Takada diumumkan lewat pernyataan resmi dari juru bicara yang mewakili salah satu lini usahanya, K-3.

"Dengan rasa duka mendalam, K-3 mengumumkan berpulangnya direktur artistik yang begitu dikagumi, Kenzo Takada. Sang desainer dunia meninggal dunia pada 4 Oktober 2020, karena komplikasi yang berkaitan dengan Covid-19 pada usia 81 di American Hospital, Neuilly-sur-Seine, Prancis," begitu isi pernyataan mengenai berpulangnya Kenzo Takada.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Setengah Abad Kenzo

Kabar kematian pria Jepang ini juga diumumkan ke publik lewat akun Instagram resmi Kenzo dan K-3.

"Sebuah ode untuk pendiri kami. Dengan penuh duka kami mengumumkan meninggalnya pendiri kami, Kenzo Takada. Selama setengah abad, Tuan Takada telah menyuntikkan kepribadiannya dalam dunia fashion - selalu menghadirkan kreativitas dan warnanya ke dunia," begitu isi caption di akun Instagram @kenzo.

3 dari 5 halaman

Menginspirasi

"Ia adalah kreator yang sangat menginspirasi dan berbakat, dan kami selalu bangga berkolaborasi bersamanya. Kami akan selalu mengenang senyumnya dan selebrasinya terhadap hidup. Dunia fashion, desain, dan kami berdukacita malam ini, dan kami berbelasungkawa kepada orang-orang yang dicintai almarhum," begitu isi ungkapan dukacita di akun K-3.

4 dari 5 halaman

Saat Paris Fashion Week

Diwartakan People, meninggalnya Kenzo Takada terjadi persis saat Paris Fashion Week digelar. Pada 30 September lalu, desainer Felipe Oliveira Baptista debut dalam ajang mode akbar ini, dalam peragaan busana koleksi Musim Semi - Panas 2021 dari Kenzo.

5 dari 5 halaman

Dari Jepang, Bersinar di Paris

Kenzo Takada adalah desainer Jepang pertama yang meraih karier gemilang di Paris. Sejak kecil, pria kelahiran 27 Februari 1939 di Himeji, Jepang, ini, gemar menggambar dan menjahit. Ia berangkat ke Marseilles dengan menumpang perahu pada 1965, dan sesampainya di Paris Kenzo memutuskan menetap di sana.

Ia pertama kali memperkenalkan koleksinya di Paris 50 tahun lalu, dan memiliki ciri khas aksen grafis dan motif floral dalam rancangannya.

Setelah hampir 30 tahun berkarier di Prancis, pada 1993 ia menjual rumah mode dengan namanya ini kepada LVMH. Enam tahun kemudian ia pensiun dari dunia mode. Januari lalu, ia meluncurkan lini produk rumah tangga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.