Sukses

Kronologi Joy Tobing Terinfeksi Covid-19, Tenggorokan Sakit dan Tubuh Panas Dingin

Liputan6.com, Jakarta - Joy Tobing tak pernah terpikir bakal terkena Corona Covid-19. Sebagai penyanyi profesional dan ibu rumah tangga, ia juga mengedepankan protokol kesehatan saat beraktivitas di luar rumah. Tapi, Corona Covid-19 justru hinggap di tubuhnya.

Melalui video di saluran YouTube Cumi Cumi yang tayang 30 September 2020, Joy Tobing menceritakan awal dirinya mengetahui terpapar Covid-19. Hal ini, kata Joy Tobing, bermula dari aktivitasnya bekerja selama pandemi.

Joy Tobing tak menampik, dirinya masih menyanyi di tengah pandemi Covid-19. Bukan cuma itu, ia juga memiliki aktivitas terbilang padat selain menghibur orang lain dengan suaranya di atas panggung.

Tentunya, kata Joy Tobing, kegiatannya masih bersentuhan dengan dunia hiburan. Berikut ini, kronologi Joy Tobing terpapar Corona Covid-19 sesuai data dan fakta yang dirangkum Liputan6.com

 

 

 

**Ingat #PesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

 

2 dari 6 halaman

Sibuk Selama Agustus 2020

Joy Tobing menceritakan, selama Agustus ia masih tampil menyanyi di sejumlah tempat. Bulan itu, jadwal tampilnya padat, tak cuma menyanyi tapi juga tampil di program televisi. Akhir Agustus, Joy Tobing mulai merasakan gejala pada tubuhnya.

3 dari 6 halaman

Demam, Flu dan Batuk

Gejala yang dialami Joy Tobing diawali demam, flu dan batuk. "Memang di akhir bulan Agustus itu kakak merasakan demam, flu, batuk. Kakak pikir hanya demam-demam biasa, karena kalau kita kurang fit namanya juga cuacanya juga lagi nggak baik ya demam sama batuk. Tapi masuk awal September tenggorokan kakak mulai nggak enak," ungkapnya.

4 dari 6 halaman

Rapid Test

Joy Tobing kemudian memutuskan untuk pergi ke rumah sakit menjalani rapid test. Hasilnya menunjukkan non reaktif.

"Tanggal 1 September kakak bersama Joshua (anak) bersama Mama pergi ke rumah sakit untuk rapid karena tanggal 4 Septembernya kakak ada acara di luar kota. Kan diwajibkan kalau mau terbang, harus ada surat keterangan dokter sehat ya. Kami rapid dan dan hasilnya non reaktif," katanya.

5 dari 6 halaman

Indera Penciuman Terganggu

Beberapa hari kemudian Joy Tobing pergi ke luar kota untuk menghadiri suatu acara. Selama di luar kota, Joy kembali merasakan gejala seperti sebelumnya. Namun kali ini dia merasakan batuk gatal. Salah satu gejala yang dirasakan Joy Tobing, yakni indera penciuman dan pendengaran mulai terganggu.

"Nah pulang dari talkshow sampai di rumah merasa nggak enak karena beberapa hari belakangan penciuman terganggu dan pengecapan rasa di lidah itu mulai aneh. Kakak juga merasakan penciuman bau-bau asap kayak kebakaran. Kakak pikir di acara itu ada orang merokok. Karena sedang batuk flu bau-baunya tinggal di hidung," imbuhnya.

6 dari 6 halaman

Positif Covid-19

Joy Tobing langsung melakukan tes swab. Hasilnya ternyata positif. Dia mengaku syok dan sempat menangis. "Di kedokteran sekarang ada yang swab dengan antigen dan bisa ketahuan hasilnya langsung, dan ternyata positif," kata Joy Tobing.