Sukses

Kuburan Band Rayakan Ultah ke-19 dengan Rilis Cover Lagu Sendiri

Karya baru Kuburan band ini diluncurkan bertepatan dengan hari jadi mereka yang ke-19.

Liputan6.com, Jakarta - Masih ingat dengan Kuburan band, grup musik jenaka yang kerap tampil seram dengan riasan putih di wajah masing-masing personel? Mereka sempat menghebohkan industri musik Indonesia dengan lagu "Lupa Lupa Ingat".

Kini, Kuburan band kembali menghadirkan karya baru dengan tema cinta dan kasih sayang kepada para pecinta musik di seluruh Indonesia. Termasuk para penggemar mereka tentunya.

Karya baru Kuburan band ini diluncurkan bertepatan dengan hari jadi mereka yang ke-19. Sekaligus memperingati satu tahun peluncuran lagu mereka yang telah dirilis sebelumnya, "Saredona".

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Cover Lagu Sendiri

Menariknya, karya baru Kuburan ini ini merupakan sebuah cover untuk lagu "Saredona" milik mereka sendiri. Judulnya pun diubah sedikit menjadi "Saredona Minor".

Bila dicermati, balutan instrumen dengan aransemen yang terdengar sederhana tampak mengiringi versi baru dari "Saredona" ini. Namun untuk video klip, Kuburan tak mengubah citra mereka dengan riasan putih di wajah.

3 dari 7 halaman

Gerebek Virtual

Perilisan "Saredona Minor" pun dibuat seperti halnya tahun lalu. Kala itu, mereka merilis lagu "Saredona" dengan cara gerebek radio dengan "memutar paksa" single tersebut. Namun pada 2020 ini, kondisi pandemi membuat Kuburan mengubah konsep.

Kali ini, mereka mengusungnya secara virtual dengan tema "GREBEG VIRTUAL & HIBUR PAKSA". Nantinya, tanpa diminta pun Kuburan akan otomatis menyanyi secara akustik lagu "Saredona Minor 2020".

4 dari 7 halaman

Alasan

Melalui keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Minggu (13/9/2020), pihak manajemen Kuburan juga mengungkapkan alasan di balik keputusan mereka merilis lagu "Saredona Minor" yang merupakan cover lagu sendiri.

"Kenapa band Kuburan mengcover lagu sendiri? Karena mereka takut didenda sebesar Rp 500 juta jikalau meng-cover lagu orang tanpa izin. Jadi daripada ribet mengurus izin, mending mereka meng-cover lagu sendiri saja," kelakar pihak manajemen.

5 dari 7 halaman

Sempat Bingung

"Tak berhenti sampai di situ, mereka kebingungan akan meng-cover seperti apa lagu "Saredona" ini. Mereka sangat mengapresiasi semua content creator yang telah meng-cover lagu mereka termasuk lagu "Saredona" versi asli," lanjut pihak manajemen.

"Saat band Kuburan ingin mengcover dengan mengubah genre, ternyata banyak creator yang lebih bagus dan lebih jago dari mereka. Genre jazz, reggae, ska, sampai dangdut semua di-cover dengan sangat apik," tambahnya.

 

6 dari 7 halaman

Cara Sendiri

Dari pernyataan tersebut, tampak bahwa Kuburan ingin menyajikan musik yang berbeda ketimbang cover yang sudah ditampilkan. Alhasil mereka pun menggubah aransemen dengan cara sendiri.

"Daripada kalah jago, sebaiknya mereka meng-cover dengan cara lain yaitu dengan mengubah chord lagu mereka sendiri. Yang asalnya bernada dasar D Major lalu mereka ubah menjadi D Minor dan semua chord terusannya menjadi minor. Sungguh cover yang sangat kreatif!" terang pihak Kuburan.

7 dari 7 halaman

Harapan Band Kuburan

Terlontar sebuah harapan dari Kuburan agar karya baru mereka ini bisa mendapat sambutan dari masyarakat. Namun, pesan yang mereka sampaikan pun terbilang cukup kocak bila kita cermati setiap kata.

"Harapan kami lagu ini bisa meramaikan belantika musik Indonesia pada umumnya dan dunia pada khususnya," terang Kuburan melalui keterangan tertulis.

"Semoga bisa membawa manfaat,berfaedah, dan memperkaya khazanah musik Indonesia serta dompet kami sekeluarga," lanjut mereka berkelakar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.