Sukses

Ussy Sulistiawaty Nangis karena Payudara Bengkak, Ini Pemicunya

Usai bersalin, Ussy Sulistiawaty menghadapi beragam masalah. Salah satunya, pembengkakan payudara yang dipicu sejumlah faktor.

Liputan6.com, Jakarta - Romantika menjadi ibu tengah dirasakan Ussy Sulistiawaty usai melahirkan bayi laki-laki yang dinamai Sakalingga Ibra Pratama pada 1 September 2020 di Rumah Sakit Pondok Indah, Jakarta.

Setelah menjalani bedah cesar, Ussy Sulistiawaty diminta belajar berjalan di kamar rumah sakit termasuk mandi sendiri. Usai mandi, kabar mengejutkan datang. Kadar bilirubin putranya tinggi.

Sakalingga harus menjalani terapi sinar selama 24 jam sebelum pulang ke rumah. Ussy Sulistiawaty pasrah dan mematuhi rekomendasi tim medis. Selama Sakalingga disinar, masalah lain muncul.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Bengkak Banget

“Karena bilirubinnya tinggi jadinya tidur terus. Karena tidur terus hari ini menyusuinya jadi enggak terlalu banyak. Otomatis akhirnya payudara aku jadi bengkak banget,” beri tahu Ussy Sulistiawaty.

Ia menceritakan ini sambil duduk di ranjang rumah sakit. Ussy Sulistiawaty melanjutkan, produksi ASI pada hari kedua membaik. “Biasanya hari kedua bengkak, sakit, sudah mulai merengkel. Tadi juga sudah dipijat segala macam, aduh,” curhatnya.

3 dari 5 halaman

Aku Sampai Menangis

Sebagai suami siaga, Andhika Pratama tidak tinggal diam. Ia memijat badan Ussy Sulistiawaty bergantian dengan para suster di rumah sakit. Tak tahan sakit, pelantun “Klik” menangis.

“Cuma karena sakit banget, aku sampai nangis-nangis. Sudah menangis-nangis dipompa cuma dapat segini ya Allah...,” beri tahu Ussy Sulistiawaty. Ia kemudian menyemangati diri sendiri.

4 dari 5 halaman

Saluran Kantong ASI Mengeras

“Ini sudah alhamdulillah banget karena masih baru, terus karena merengkel. Jadi saluran kantong ASI-nya sudah keras, yang keluar jadi masih mampet. Dan Sakanya enggak mau minum tadi, tidur terus,” imbuhnya.

Momen tersebut membuat artis kelahiran Jakarta, 13 Juli 1981, ini meresapi perjuangan seorang ibu. Ussy Sulistiawaty mengirim penghargaan kepada para ibu di luar sana yang senasib dengannya.  Andhika Pratama pun menyadari pengorbanan sang istri. 

5 dari 5 halaman

Surga Di Telapak Kaki Ibu

Bertaruh nyawa untuk melahirkan bukan akhir perjuangan melainkan sebuah awal, menandai dimulainya babak baru. Ini disampaikannya di video “Ussy Belajar Jalan, Saka Harus Terapi Sinar” yang dipublikasikan di kanal YouTube Ussy Andhika Official, Jumat (4/9/2020).

“Itulah kenapa Allah bilang surga berada di telapak kaki ibu. Kalau di telapak kaki bapak mungkin beda ceritanya,” bintang film Butterfly dan Ada Kamu, Aku Ada menyimpulkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.