Sukses

Sapardi Djoko Damono Meninggal Dunia, Jason Ranti: Si Bapak Berlayar ke Surga

Duka musisi Jason Ranti atas meninggalnya sastrawan Sapardi Djoko Damono

Liputan6.com, Jakarta Sapardi Djoko Damono salah satu sastrawan kenamaan Tanah Air meninggal dunia, Minggu (19/7/2020). Kabar meninggalnya Penulis puisi "Aku Ingin" tersebut diketahui lewat cuitan sineas Paul Agusta dan sastrawan sastrawan Goenawan Mohamad.

Kabar meninggalnya Sapardi Djoko Damono ternyata sampai ke telinga Jason Ranti. Musisi yang membawakan karya Sapardi Djoko Damono lewat lagu "Lagunya Begini Nadanya Begitu (Pak Sapardi)" ikut merasakan duka yang mendalam atas kepergian sang maestro sastra tersebut.

"Si bapak, berlayar ke surga di waktu pagi hari," tulis Jason Ranti melalui akun Instagramnya, Mimggu (19/7/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Terima Kasih

Tak lupa Jason Ranti mengucapkan terimakasih kepada Sapardi Djoko Damono lewat karya-karyanya yang menginspirasi. Apalagi ia diberi kesempatan bisa membuat lagu dari penggalan puisi milik Sapardi.

"Saya terima kasih buat banyak hal, buat karya karyanya. Selamat jalan Pak Sapardi," tuis Jason Ranti.

3 dari 4 halaman

Beberapa Bulan Sakit

Sastrawan Goenawan Mohamad mengabarkan kalau kondisi kesehatan Sapardi Djoko Damono mulai menurun beberapa bulan belakangan.

"Innalilahi wa inailahi roji’un: Penyair Sapardi Djoko Damono wafat pagi ini setelah beberapa bulan sakit," tutur Goenawan Mohamad dalam Twitter pribadi miiliknya.

4 dari 4 halaman

Karya

Dari laman Wikipedia miliknya, Sapardi Djoko Damono lahir di Solo pada 20 Maret 1940 silam. Sejak muda, ia telah melahirkan sejumlah karya yang dikirim ke media.

Buku kumpulan puisinya yang paling dikenal publik, Hujan Bulan Juni, diterbitkan pada 1994 dan diterjemahkan ke sejumlah bahasa. Hujan Bulan Juni juga dibuat sebagai novel, dan menjadi pondasi film dengan judul sama yang dirilis pada 2017.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.