Sukses

Cara Tandamata Indonesia Membantu Musisi Terdampak Corona Covid-19

Liputan6.com, Jakarta Aplikasi Tandamata Indonesia membuat sebuah pertunjukkan untuk menghibur dan membantu para musisi yang terdampak Corona Covid-19.  

Sesuai motonya ‘bahagianya memberi’, Tandamata Indonesia berniat memberikan kebahagiaan dengan hiburan nyanyi bareng dan olahraga bareng supaya penonton bisa melepas kekhawatiran selama kurang lebih satu jam. 

Inisiatif ini juga meningkatkan engagement di antara para pengusaha yang tergabung dalam Tandamata Indonesia dan para pelanggannya, serta meningkatkan awareness tagline kami #bahagianyamemberi ke masyarakat dalam usahanya mendukung pengusaha kecil. 

Untuk menonton acara ini, tinggal masuk ke Instagram dan klik sesi live yang sedang berlangsung. Jadwal acara selalu diumumkan di akun Instagram @tandamataid.

 

2 dari 5 halaman

Ditanggapi

Ternyata sesi live ini mendapat tanggapan baik dari para penonton yang akhirnya membentuk komunitas sendiri. Ada komunitas olahraga yang selalu OLGA BARENG dipandu NADYA RUDIANTO melalui Instagram @eboonad. Komunitas musik santai berkumpul di SUKA SUKA NIGHT LOU CP di akun @oecioeci.  

Pecinta musik Indonesia lawas memilih NYANYI BARENG CHANDRA SATRIA di @chandrapitok. Kemudian ada MUSIKAL BERSAMA Andrea Miranda yang menghibur pecinta musikal melalui @mirandandrea. Bahkan ada beberapa orang yang setiap minggu hadir di lapak hampir semuanya karena mereka menyukai acara yang disuguhkan dan interaksi antara penonton. 

 

3 dari 5 halaman

Kegiatan

Sebetulnya acara yang dimulai sejak bulan April 2020 ini diawali dengan keinginan untuk menyuguhkan kegiatan santai untuk selingan. Karena sambutan yang baik dari komunitas ini, Tandamata Indonesia melebarkan ke genre lain supaya bisa menghibur sebanyak mungkin. 

Memang bukan dimaksudkan sebagai konser serius, kadang ada saja salah lirik, salah lagu, atau gangguan teknis seperti koneksi. Penonton juga tertawa karena ini semua bagian dari acara. Yang penting Tandamata Indonesia bahagia sudah bisa memberi selingan untuk teman-teman.

 

4 dari 5 halaman

Direspons

Bonus yang tidak disangka dengan terselenggaranya acara hiburan melalui media sosial ini adalah banyaknya peminat acara dari kalangan selebritas. Sheila Majid dan Hasridz Murshim Hashim, Tohpati dan Ratih Tohpati, Andi Rianto, dan Ari Tulang sering terlihat di acara dan membaur dengan komentar seru para penonton. Rico Tampatty, Dian HP, Sophia Latjuba, Ari Lasso, Armand Maulana, Dewi Yull, dan Rafika Duri juga sempat beberapa kali ada di jajaran penonton dan ikut bercanda melalui live chat.

 

5 dari 5 halaman

Apresiasi

Selain menjadi hiburan untuk para penonton, acara ini mempunyai imbas lain lagi. Ternyata acara nyanyi bareng yang diadakan Tandamata Indonesia juga menciptakan pekerjaan baru untuk musisi, yaitu membuat musik latar atau minus one yang dipakai oleh para penyanyi. Dari situ timbullah gerakan Apresiasi Musisi. 

Di masa pandemi di mana semua acara offline dibatalkan, salah satu kelompok yang kehilangan pekerjaan adalah musisi pendukung. Sampai akhir tahun 2020 diperkirakan banyak musisi pendukung yang cuma bisa bekerja sedikit atau malah tidak sama sekali. 

Dengan gerakan Apresiasi Musisi yang dijalankan oleh Tandamata Indonesia, para penonton ikut saweran dengan jumlah suka rela. Hasilnya digunakan untuk honor musisi yang membuat musik minus one untuk dinyanyikan oleh para artis yang ada di Instagram live Tandamata Indonesia.

Walaupun jumlah yang terkumpul tidak luar biasa besar, tapi cukup untuk musisi-musisi yang terlibat untuk proyek ini. Setidaknya mereka tetap ada pekerjaan selama beberapa bulan sampai situasi kembali memungkinkan untuk bekerja seperti dulu. Dengan begitu, Tandamata Indonesia tetap bisa menjalankan program nyanyi dan olahraga bareng ini dan tetap menghibur teman-teman dan para mitra.