Sukses

Natasha Rizky Minta Dukungan Desta Saat Anak Idap Alergi, Ini Kisahnya

Liputan6.com, Jakarta “Ada timbul bintik-bintik kemerahan, batuk-batuk, dan mulai enggak nyaman dengan aktivitasnya, mulai bersin-bersin, dan rewel,” kenang Natasha Rizky soal putrinya, Miskha Arrawfa Najma, yang mengidap alergi susu sapi.

Natasha Rizky mencari informasi lewat konten digital dan browsing jurnal maupun artikel kesehatan. Soal mengasup informasi, Natasha Rizky mengingatkan para ibu jangan terlalu sering. Berdasarkan pengalaman, kerap terpapar berita malah membuat situasi menjadi makin tidak pasti.

“Jangan sampai kita menyimpulkan dan mendiagnosis sendiri, yang ada malah stres,” urai Natasha Rizky seraya menambahkan, dalam kondisi seperti ini dukungan suami sangatlah penting.

Natasha Rizky membagikan pengalaman ini dalam webinar “Pekan Tanggap Alergi Generasi Maju: Tanggap Alergi di masa Pandemi untuk Generasi Maju,” Senin (29/6/2020). 

2 dari 5 halaman

Pentingnya Dukungan Suami

“Dukungan suami sangat penting. Sebagai ibu yang dekat dengan anak, ada rasa panik, tak tahu harus bagaimana di awal. Dukungan suami membuat saya lebih tenang dan jernih berpikir. Setelah itu konsultasi ke dokter, ahli yang tepat. Kendalikan, jangan sampai salah konsumsi lagi lalu memberikan makanan alternatif (buat anak),” ia berbagi saran.

Natasha Rizky memilih soya sebagai pengganti susu sapi. Merespons wabah Covid-19 yang tak kunjung reda, Natasha Rizky memastikan ketiga anaknya mendapat asupan protein untuk menjaga daya tahan tubuh.

3 dari 5 halaman

Agar Anak Tak Bosan

“Selain itu, saya berinovasi meracik makanan agar anak-anak tidak bosan,” bintang film Hijab dan Radio Galau FM memaparkan. 

Langkah Natasha Rizky untuk senantiasa kenali, konsultasi, dan kendalikan alergi rupanya didukung Konsultan Alergi dan Imunologi Anak, Prof. DR. Budi Setiabudiawan, dr., SpA(k), M.Kes. Budi menyebut jika tidak segera diatasi, alergi sangat mungkin memantik dampak kesehatan jangka panjang yakni melahirkan penyakit degeneratif seperti obesitas, hipertensi, dan jantung.

4 dari 5 halaman

Antisipasi Dampak Alergi

Kualitas hidup anak turun dan mengganggu tumbuh kembang anak. “Dampak lain, ekonomi dan psikologis. Pengeluaran orangtua lebih banyak karena anak kerap ke dokter hingga beli obat. Dampak psikologis, stres pada ibu. Makanya benar kata Natasha dukungan suami sangat penting,” Budi menukas.

Natasha Rizky menilai, penanganan alergi pada anak perlu disosialisasikan. Karenanya, ia menyambut hangat “Pekan Tanggap Alergi Generasi Maju” dari SGM Eksplor Advance+ Soya termasuk memperkenalkan laman kaya informasi generasimaju.co.id. 

5 dari 5 halaman

Kondisi Anak Kini Membaik

“Harapan kami dengan edukasi yang tepat untuk para Bunda di masa pandemi serta terpenuhinya kebutuhan gizi seimbang, anak yang alergi susu sapi bisa tetap sehat dan tumbuh kembangnya optimal,” urai Senior Brand Manager SGM Eksplor Advance+ Soya, Anggi Morika Septie.

Senada dengan Anggi, Natasha Rizky menyatakan, “Dengan penanganan yang tepat, makin ke sini banyak banget perubahan yang terjadi (pada anak saya). Mulai saat dia kena alergi sampai sekarang, Mischa bisa aktivitas dengan nyaman termasuk belajar dan bermain seperti anak lain.”