Sukses

Gitar Ikonis Kurt Cobain Pecahkan Rekor Termahal, Laku Rp 85 Miliar

Liputan6.com, Los Angeles - Jangan mengaku penggemar Kurt Cobain atau Nirvana kalau merasa asing dengan penampilan grup ini dalam MTV Unplugged tahun 1993 yang ikonis.

Dalam penampilan itu, Kurt Cobain tampil dengan gitar akustiknya, membawakan sejumlah lagu hit seperti "Come as You Are" dan "Polly".

Nah, gitar mendiang Kurt Cobain yang digunakannya dalam pertunjukan tersebut telah laku di balai lelang Julien, Sabtu (20/6/2020).

Dilansir dari Rolling Stone, Selasa (23/6/2020), harga yang berhasil diraih sangat fantastis, yakni 6 juta dolar AS. Bila dirupiahkan, angkanya lebih dari 85 miliar.

2 dari 5 halaman

Gitar Termahal

Lelang tersebut sekaligus memecahkan rekor gitar termahal saat ini. Rekor sebelumnya dipegang oleh gitar Black Stratocaster milik personel Pink Floyd, David Gilmour. Gitar milik pria yang tewas di usia 27 tahun ini diperebutkan para peserta lelang.

Bahkan penawaran sebesar 1 juta dolar AS sudah masuk sebelum lelang resmi dibuka. Ada tujuh penawaran yang masuk. Yang menang memiliki nilai 6.010.000 dolar AS.

3 dari 5 halaman

Pemenang Lelang

Pemenang lelang ini ternyata Peter Freedman, pendiri dan bos Røde Microphones. Saat mendengar gitar ini dilelang, tanpa pikir panjang ia langsung ikut serta dalam perang tawar menawar harga.

"Aku langsung tahu ini adalah kesempatan sekali seumur hidup untuk mendapatkannya, dan menggunakan ini untuk memperlihatkan perjuangan yang selalu dihadapi orang-orang yang berkesenian," tuturnya melalui balai lelang.

4 dari 5 halaman

Dimodifikasi

Selain digunakan Kurt Cobain dalam penampilan ikonis band-nya, ada keistimewaan lain gitar Martin D-18E produksi tahun 1959 tersebut. Yang pertama, gitar ini dimodifikasi untuk Kurt Cobain yang merupakan seorang kidal.

 

5 dari 5 halaman

Isi Tas Gitar

Gitar ini dilengkapi dengan sebuah case berkulit keras yang "dihias" Kurt Cobain sendiri. Di bagian luarnya ditempel selebaran album band Poison Idea, Feel The Darkness.

Di dalam tas gitar ini juga disimpan setengah lusin dawai gitar merek Martin, tiga pick, dan tas beludru yang didekorasi dengan pisau, garpu, dan sendok perak mini.