Sukses

Melly Goeslaw, Maruli Tampubolon, dan Tohpati meriahkan Konser Jakarta City Philharmonic

Liputan6.com, Jakarta Dalam rangka, membantu industri seni budaya, khususnya seniman tradisional yang terdampak pandemi Covid 19, Konser Jakarta City Philharmonic siap digelar 22 Mei 2020, jelang berbuka puasa. Sejumlah musisi ternama nasional seperti Melly Goeslaw, Maruli Tampubolon, dan Tohpati dalam konsernya. 

Dalam konser yang bekerjasama dengan OVO itu, para penonton bisa berdonasi secara nyaman dari rumah. Donasi yang terkumpul akan disalurkan kepada para penerima manfaat di bawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan lewat kolaborasi dengan BenihBaik.com.

Anto Hoed yang juga Dewan Komisaris Jakarta City Philharmonic, menuturkan bahwa platform teknologi telah membuat mereka dapat terus bekerja, berkarya, dan menyebarkan keindahan musik ke seluruh Indonesia serta dapat membagikan harapan baru kepada para seniman. Penampilan Melly Goeslaw, Maruli Tampubolon dan Tohpati bakal berlangsung beda.

“Kami berharap proyek ini dapat membagikan harapan baru, terutama bagi seniman tradisional yang terkena dampak Covid -19. Kami dibantu oleh musisi-musisi seperti Maruli Tampubolon, Melly Goeslaw, dan Tohpati untuk membangun semangat berbagi dan menggalang dukungan nasional demi keberlangsungan pekerja seni tradisional di industri seni budaya Indonesia,” ujar Anto Hoed dalam keterangannya kepada wartawan, baru-baru ini.

2 dari 3 halaman

Mendukung

Kampanye dalam bentuk konser ini dilakukan OVO untuk mendukung industri seni budaya di Indonesia, khususnya seniman tradisional, yang menjadi salah satu segmen pekerja informal paling terdampak dari pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) akibat pandemi Covid -19.  

Melalui ‘OVO KolaborArtsy’, OVO membangun inisiatif Bersama dengan Ditjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk berkolaborasi membantu menghidupkan kembali kegiatan industri seni Indonesia di tengah pandemi melalui sistem pembayaran terintegrasi yang disediakan oleh OVO, di mana penonton dapat mendukung para seniman pilihan mereka. 

“OVO sebagai platform pembayaran digital terdepan di Indonesia, terus berinovasi untuk membangun semangat berbagi, membantu pemerintah dan mereka yang sangat terdampak pandemi COVID-19,” jelas Presiden Direktur OVO, Karaniya Dharmasaputra. 

 

3 dari 3 halaman

Bermitra

Karaniya menambahkan, OVO bermitra dengan Jakarta City Philharmonic untuk mengadakan pertunjukan orkestra virtual yang dimulai pada 22 Mei 2020. Nantinya, total donasi yang terkumpul akan didistribusikan oleh BenihBaik untuk disalurkan kepada para seniman tradisional di Indonesia yang terkena dampak Covd 19.  

Sementara itu, Hilmar Farid, Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, menjelaskan, Ditjen Kebudayaan mendukung penuh kolaborasi yang dilakukan oleh Jakarta City Philharmonic dan OVO, karena donasi yang terkumpul akan disalurkan sepenuhnya kepada seniman. 

“Saat ini peran teknologi dalam mengangkat luasnya khasanah seni budaya Indonesia semakin nyata, terlebih di tengah situasi yang menuntut para seniman untuk di rumah saja. Kami apresiasi dan dukung penuh upaya yang dilakukan Jakarta City Philharmonic, yang mengajak masyarakat untuk berbagi dalam keterbatasan, serta dukungan dari OVO dan Benih Baik sebagai platform teknologi sebagai fasilitator upaya dari para seniman Indonesia,” ujar Hilmar dalam keterangan yang diterima, Kamis (21/5/2020).