Sukses

Rekam Jejak Film Perempuan Tanah Jahanam di Festival Film Luar Negeri, Ini Faktanya

Sukses mengumpulkan 1,7 juta penonton di Indonesia, film Perempuan Tanah Jahanam telah melancong ke sejumlah festival film luar negeri.

Liputan6.com, Jakarta Maish ingat film Perempuan Tanah Jahanam? Dirilis di jaringan bioskop Indonesia pada 17 Oktober 2017, film Perempuan Tanah Jahanam rupanya telah menggelar sesi premier di sejumlah festival film luar negeri.

Salah satunya, Sundance Film Festival 2020 di Utah, Amerika Serikat, semester pertama tahun ini. Menggunakan judul internasional Impetigore, Perempuan Tanah Jahanam satu-satunya film Asia yang diputar di program bergengsi Midnight.

Seperti diketahui, program bergengsi Minight milik Sundance Internasional Film Festival pernah melahirkan sejumlah horor kelas dunia seperti Hereditary (2018) dan The Babadook (2014). Impetigore diserbu penonton dan kebanjiran pujian.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Amerika, Belanda, Swedia

American Cinematographers menyebut Impetigore salah satu film dengan sinematografi terbaik di Sundance Film Festival 2020. Berikutnya, Impetigore hadir di International Film Festival Rotterdam Belanda dan Göterborg Film Festival Swedia.

Catatan lain, setelah menyerap 1,7 juta penonton lebih di Tanah Air, Perempuan Tanah Jahanam didistribusikan ke Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Thailand, Hongkong, Macau, Laos, Kamboja, dan Myanmar. Produser Base Entertainment, Shanty Harmayn, bangga. 

3 dari 5 halaman

Dilirik AMC Networks Amerika

“Ada minat besar dari industri internasional. Kami mendapat banyak permintaan untuk menayangkan Perempuan Tanah Jahanam di banyak festival mancanegara,” terang Shanty Harmayn melalui keterangan pers yang diterima Showbiz Liputan6.com, pekan ini.

Proses penjualan hak tayang internasional Perempuan Tanah Jahanam masih terus bergulir. Yang juga bikin bangga, kerja sama dengan Shudder, salah satu layanan streaming premium milik AMC Networks.

4 dari 5 halaman

Amerika, Kanada, Inggris Raya

Selama ini Shudder dikenal sebagai salah satu layanan streaming yang fokus menayangkan film-film dan serial bergenre horor, thriller, suspense, dan supranatural dari seluruh dunia.

“Shudder populer di kalangan pencinta film horor di kawasan Amerika Serikat, Kanada, dan Inggris Raya. Kami bangga Perempuan Tanah Jahanam jadi salah satu koleksi film horor klasik dan orisinal Shudder,” beri tahu Shanty Harmayn.

 

5 dari 5 halaman

Kolaborasi Banyak Pihak

Selain itu, film yang dibintangi Tara Basro, Christine Hakim, dan Marissa Anita ini bisa ditonton via GoPlay. Terkait kerja sama ini, Shanty menjelaskan, ketika rilis di bioskop, banyak yang tidak sempat atau takut menonton Perempuan Tanah Jahanam.

“Sekarang bisa menonton Perempuan Tanah Jahanam di rumah. Yang sudah menonton di bioskop dan ingin kangen-kangenan  dengan karakter Maya, Dini, dan Nyi Misni, silakan,” ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.