Sukses

Reza Rahadian Ingin Bertemu Wishnutama dan Nadiem Makarim, Ada Apa?

Merespons wabah Corona Covid-19 yang meluas di Tanah Air, Reza Rahadian ingin bertemu Wishnutama dan Nadiem Makarim.

Liputan6.com, Jakarta Wabah Corona Covid-19 meluas di Tanah Air, jumlah kasusnya mencapai 13 ribu. Wabah ini berdampak di seluruh sektor industri termasuk seni. Reza Rahadian mengingatkan, pekerja seni yang dimaksud bukan hanya penyanyi, bintang film, sinetron, dan presenter.

“Ada industri panggung, yang enggak boleh dilewatkan. Pekerja seni panggung juga hidup dari pertunjukan,” terang Reza Rahadian. Kalau tak ada pertunjukan yang digelar, maka mereka tidak punya penghasilan.

Reza Rahadian berharap pemerintah memperlihatkan kepedulian pada mereka. Kabar terakhir yang didengar Reza Rahadian, para pekerja seni telah mengisi formulir untuk mendapatkan bantuan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Dua Kementerian

Bentuk bantuannya seperti apa, masih terus dicermati sang bintang film Habibie dan Ainun serta My Stupid Boss. Industri seni termasuk film dipayungi dua kementerian yakni Pendidikan dan Kebudayaan serta Pariwisata Ekonomi Kreatif.

“Kedua kementerian ini mendata ulang pekerja seni yang benar-benar butuh di satu pintu. Jadi dengan pendataan konkret kita tahu siapa-siapa yang butuh bantuan,” Reza Rahadian berharap.

3 dari 5 halaman

Solidaritas dan Kebersamaan

Pelantun “Pekat” ini bersyukur, sejumlah organisasi memberikan bantuan secara mandiri buat para pekerja seni.

“Kemarin saya menginisiasi gerakan dari pekerja seni untuk pekerja seni menggandeng kitabisa.com. Selain itu dari PARFI, dan RAI. Tidak menjadi anggota di keduanya, tapi menurut saya ini bukan lagi soal siapa anggota, benderanya apa. Ini soal solidaritas, kebersamaan kita,” ia menyambung.

4 dari 5 halaman

Kartu Prakerja dan Dana

Mengingat wabah meluas dan berlarut-larut, Reza Rahadian berharap pemerintah bertindak taktis. “Kita butuh lebih besar dari itu, khususnya bantuan dari pemerintah. Ada kartu prakerja, bantuan berupa pelatihan dan ada dana,” beber aktor kelahiran Jakarta, 5 Maret 1987 ini.

Terkait kartu prakerja, Reza Rahadian mengingatkan bentuk pelatihan seperti apa yang akan diberikan kepada para pekerja seni. “Itu harus dipikirkan. Hal-hal seperti itu payungnya ada di Kemendikbud dan Kemenparekraf karena mereka yang menaungi kita,” ujar peraih empat Piala Citra itu.

5 dari 5 halaman

Wishnutama dan Nadiem

Karenanya, Reza Rahadian ingin bertemu langsung dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Nadiem Makarim. Ia juga ingin berdiskusi langsung dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia, Wishutama.

“Saya tertarik berdiskusi dengan dua kementerian ini, mau Pak Wishnutama atau Pak Nadiem Makarim ayo, kita ngobrol konkret. Pengin banget bisa mengobrol dengan mereka,” Reza Rahadian berharap.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.