Sukses

Bioskop CGV Cinemas Buka Kartu Soal Antisipasi dan Dampak Wabah Virus Corona

Liputan6.com, Jakarta Wabah virus Corona terus menjadi perhatian dunia internasional termasuk Indonesia. Mengingat, jumlah kasus virus Corona di Tanah Air hingga kini mencapai lebih dari 200. Angka persentase kematian akibat virus Corona pun meninggi.

Terkait virus Corona, Presiden Joko Widodo mengimbau masyarakat melakukan social distancing atau menghindari keramaian. Dampaknya terasa di berbagai aspek industri termasuk perfilman. Jaringan bioskop sepi penonton.

Aliran film baru pun tersendat mengingat studio raksasa Hollywood maupun rumah produksi lokal menunda penayangan produk mereka sebagai antisipasi virus Corona. Jaringan bioskop CGV Cinemas merespons pendemik virus Corona. Benarkah jumlah penonton menurun signifikan akibat social distancing?

2 dari 5 halaman

Tak Setinggi Biasanya

“Untuk bulan Maret, kami belum bisa ambil kesimpulan efek virus Corona pasca-pengumuman dari pemerintah sejak minggu lalu. Dengan adanya imbauan pemerintah untuk social distancing, ditambah lagi dengan adanya beberapa jadwal rilis film yang ditunda, hasilnya tentu ada penurunan pengunjung,” urai Sales and Marketing Division Head CGV Cinemas, Manael Sudarman.

Dihubungi Showbiz Liputan6.com di Jakarta pada Kamis (19/3/2020) siang, ia mengakui, animo masyarakat memang tak setinggi biasanya untuk menonton ke bioskop.

3 dari 5 halaman

Modifikasi Jam Pertunjukan

Penurunan ini dipicu penundaan sejumlah film blockbuster dari Mulan hingga Black Widow. “Bisa jadi, tapi bulan Januari hingga awal Maret biasanya periode di mana tidak banyak film-film besar Holywood dirilis,” Manael menyambung.

Menindaklanjuti imbauan social distancing, CGV Cinemas memodifikasi jam pertunjukan harian. Banyak dari bioskop CGV bekerja sama atau berada di pusat perbelanjaan.

4 dari 5 halaman

Ikut Jam Operasional Mal

Pihak CGV Cinemas berkoordinasi dengan mal di mana bioskop mereka berada. Jika pihak mal mengurangi jam operasional, maka bioskop sebagai salah satu tenant, ikut menyesuaikan.

“Sejauh ini ada beberapa mal yang mengurangi jam operasional. Kami mengikuti dengan mengurangi jam pertunjukan rata-rata menjadi 3 sampai 4 dari sebelumnya 5-6 showtime,” Manael membeberkan.

5 dari 5 halaman

Penyempotan Cairan Disinfektan

Pihaknya memahami kegelisahan masyarakat terkait berita perkembangan penyebaran virus Corona. CGV Cinemas telah mengambil sejumlah langkah pencegahan sejak awal Februari 2020.

“Ini untuk memastikan kebersihan bioskop dan kenyamanan penonton, termasuk dari sisi staf kami untuk meningkatkan standar kebersihan dan kesehatan mereka. Kami menyemprotkan cairan disinfektan di dalam auditorium dan area lain termasuk lobi bioskop,” Manael mengakhiri perbincangan.

Loading
Artikel Selanjutnya
Wawancara Eksklusif Bersama Agnez Mo di Billboard Indonesia
Artikel Selanjutnya
Live Streaming SCTV Sinetron Istri Kedua Episode Kamis, 19 Maret 2020