Sukses

Tangga Box Office Amerika Ambruk Akibat Virus Corona, Tak Ada Laporan Hingga Juni 2020

Liputan6.com, Jakarta Musibah mahadahsyat itu bernama virus Corona. Usai mengumumkan belasan film yang tunda tayang, masih ada kabar buruk lain dari pusat industri layar lebar dunia, Hollywood. Minggu ini bisa jadi pekan terakhir Anda bisa mengakses laporan tangga box office (pendapatan film) mingguan.

Mengingat, tiga jaringan bioskop utama di AS tutup sementara akibat wabah virus Corona. Bioskop yang tersisa di pasar kawasan Amerika Utara (AS dan Kanada) adalah jaringan bioskop kecil.

Film yang ditayangkan pun bukan blockbuster mengingat Mulan, James Bond, Black Widow, dan kawan-kawan mogok tayang. Wabah virus Corona bagai tsunami yang menggulung industri film dunia dalam hitungan hari.

2 dari 5 halaman

Hari Paling Menyebalkan

Dilansir dari situs berita Deadline Rabu (18/3/2020) kemarin, laporan tangga box office pekan ini kemungkinan yang terakhir. Akan ada laporan terkini lagi setidaknya akhir Mei atau awal Juni 2020.

Dengan absennya jaringan bioskop kelas kakap, maka perputaran dolar di tangga box office selama 2 hingga 3 bulan ke depan akan sangat kecil. Prediksi ini bukan tanpa alasan. Para petinggi studio raksasa Hollywood menyebut Senin (16/3/2020) sebagai hari paling menyebalkan. Seperti diketahui, pertarungan di tangga box office akhir pekan kemarin dimenangkan oleh film Disney-Pixar Onward.

3 dari 5 halaman

Kandasnya Peluang Bloodshot

Benar, pencapaian film Onward sepanjang hari Minggu (15/3/2020) membuatnya bertengger di posisi puncak. Namun performa Onward dengan 10,6 juta dolar AS terasa mengecewakan.

Dengan tutupnya sejumlah jaringan bioskop raksasa maka peluang Bloodshot (yang mengeruk 9,2 juta dolar AS pada pekan pertama penayangan) untuk menggilas Onward kandas. 

4 dari 5 halaman

Rumor Wonder Woman 1984 Mundur?

Rabu kemarin, Bloodshot membuat keputusan dramatis dengan merilis format VOD atau video on demand. Kondisi ini diperburuk dengan selentingan yang menyebut film Wonder Woman 1984 akan menyusul Black Widow yang tunda tayang.

Hingga artikel ini disusun, pihak distributor, Warner Bros., belum memberikan pernyataan resmi. Wonder Woman 1984 tetap pada jadwal rilis 5 Juni 2020. Masih menurut Deadline, Senin kemarin pendapatan film penghuni tangga box office anjlok hingga 72 persen.

5 dari 5 halaman

Bagaimana dengan Indonesia?

Bagaimana dengan Indonesia? Dari pengamatan Showbiz Liputan6.com, Mariposa yang dibintangi Angga Yunanda dan Adhisty Zara masih mendominasi layar bioskop Tanah Air. Namun jumlahnya, menurut akun Twitter pemerhati film @bicaraboxoffice, susut 26,5 persen. 

Posisi kedua dihuni Bloodshot yang jumlah layarnya terkoreksi 29,8 persen. Judy, film yang dibintangi Renee Zellweger, kembali tayang untuk mengisi slot. Sementara itu film stok tahun 2019, The Operative, akhirnya menyapa masyarakat Indonesia.

Loading
Artikel Selanjutnya
Maia Estianty Galang Dana untuk Penanganan Virus Corona
Artikel Selanjutnya
Cegah Penyebaran Virus Corona, Narji dan Artis Lainnya Bagikan Masker di Pasar