Sukses

Joker dan 6 Film Peraih Piala Oscar Ini Diganjar Razzie Award Kategori Terburuk

Musibah menimpa Joker. Film peraih 11 nominasi Piala Oscar 2020 ini di luar dugaan mendapat 1 nominasi di ajang Golden Raspberry Awards ke-40.

Liputan6.com, Jakarta - Musibah menimpa Joker. Film peraih 11 nominasi Piala Oscar 2020 ini di luar dugaan mendapat 1 nominasi di ajang Golden Raspberry Awards ke-40 alias Razzie Awards 2020. Joker diganjar nominasi kategori Film Terburuk yang Menyiakan Manusia atau Properti Publik. Ini merupakan kategori baru.

Banyak yang menilai, ini akal-akalan Razzie Awards 2020 untuk menjatuhkan pamor Joker jelang malam puncak Oscars. Sekadar mengingatkan, Razzie Awards ajang “penghargaan” untuk film-film terburuk yang digelar setiap tahun.

Berkaca pada sejarah, tak sedikit film peraih Piala Oscar yang juga menang atau mendapat nominasi dari Razzie Awards. Jelang Razzie Awards 2020, kami hadirkan 6 film peraih Oscar yang diganjar Razzie Award. Aneh tapi nyata. Selamat menyimak.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Wall Street

Wall Street film yang tak mungkin dilupakan oleh kedua pemainnya, yakni Michael Douglas dan Daryl Hannah. Seumur hidupnya, Michael Douglas hanya sekali menang Oscar kategori akting yakni lewat Wall Street.

Berseberangan dengan sang aktor, lewat Wall Street pula, Daryl Hannah “menang” Razzie Award Pemeran Pendukung Wanita Terburuk. Wall Street satu-satunya film yang menang Oscar sekaligus Razzie Award kategori akting dalam sejarah.

3 dari 7 halaman

2. Suicide Squad

Dicaci maki kritikus, Suicide Squad dengan mudah mendapat tempat di hati komite Razzie Awards. Karya David Ayer yang berbasis komik DC ini nomine Skenario Terburuk dan Pemeran Pendukung Pria Terburuk untuk Jared Letto (sebagai Joker). Konon, ini salah satu pemicu Jared Letto digantikan Joaquin Phoenix, yang kemudian disebut keputusan tepat!.

Terlepas dari reputasi memalukan ini, Suicide Squad bikin kejutan dengan membawa pulang Piala Oscar Tata Rias Wajah dan Rambut Terbaik. Terima kasih untuk Alessandro Bertolazzi, Giorgio Gregorini, dan Christopher Allen Nelson.

4 dari 7 halaman

3. Yentl

Yentl salah satu fenomena unik dalam sejarah film dunia. Film ini menang Oscar kategori Tata Musik Terbaik. Anehnya, ia juga dinominasikan Razzie Awards untuk Tata Musik Terburuk. Oscars menghadiahi Amy Irving nominasi Pemeran Pendukung Wanita Terbaik.

Lewat film yang sama, sang aktris juga dinominasikan Razzie Awards untuk Pemeran Pendukung Wanita Terburuk. Mohon maaf, ini selera komite Oscars menurun atau memang Razzie Awards gemar mencari sensasi?

5 dari 7 halaman

4. Pearl Harbor

Sineas Michael Bay menepuk dada lantaran Pearl Harbor meraih 4 nominasi Oscar untuk Efek Visual, Tata Suara, Penyunting Suara, dan Lagu Tema Terbaik. Makin bangga, saat Pearl Harbor menang kategori Penyunting Suara Terbaik.

Sayang, prestasi ini ternoda gara-gara Razzie Awards mengganjar Pearl Harbor 6 nominasi termasuk Sutradara, Film, Sekuel atau Ulang Buat Terburuk. Pearl Harbor selamat karena tak menang satu pun. Namun di ajang Yoga Awards, Ben Affleck ditetapkan sebagai Aktor Luar Negeri Terburuk.

6 dari 7 halaman

5. Independence Day

Salah satu film musibah terbaik dekade 1990-an. Roland Emmerich mengantar Independence Day meraih pendapatan kotor 817 juta dolar AS (sekitar 11,4 triliun rupiah) dari seluruh dunia. Itu masih ditambah bonus menang Piala Oscar Efek Visual Terbaik.

Namun Razzie Awards tak kurang akal untuk mengotori kebahagiaan Roland Emmerich. Independence Day diganjar Worst Written Film Grossing Over 100 Million Dollar alias Film Terburuk dengan Pendapatan di atas 100 Juta Dolar. Astagfirullah, julid banget!

 

7 dari 7 halaman

6. How The Grinch Stole Christmas

Banyak media menyebut How The Grinch Stole Christmas sebagai film berkualitas rendah yang ajaibnya menang Oscar. Film yang dibintangi Jim Carey ini menang Tata Rias Terbaik di Oscars 2001. Itu masih ditambah bonus 2 nominasi kategori Tata Artistik dan Kostum Terbaik.

Di sisi lain, Razzie Awards mengganjar film ini dua nominasi yakni Skenario Terburuk dan Film Sekuel atau Ulang Buat Terburuk. Beruntung, How the Grinch Stole Christmas kalah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.