Sukses

Virus Corona Mewabah, Artis K-Pop Ramai-Ramai Batalkan Jadwal

Liputan6.com, Seoul - Kewaspadaan atas virus corona kian meningkat di Korea Selatan. Apalagi, diwartakan Yonhap News pada Senin (3/2/2020), sudah ada 15 orang yang dinyatakan positif mengidap virus corona.

Salah satu bidang yang terkena imbas adalah industri hiburan. Imbauan agar orang tidak berkumpul dalam keramaian, membuat para artis K-Pop merombak jadwal kegiatan mereka. Tak hanya kegiatan di Korea, tapi juga di luar negeri.

Yang paling baru, adalah pengumuman dari YG Entertainment. Agensi besar ini memutuskan untuk membatalkan konser Winner di Singapura karena virus corona.

2 dari 6 halaman

Konser Winner Batal

"Sementara upaya seluruh dunia menanggulangi penyebaran Corona Virus (2019-nCoV) terus berlanjut, YG juga memperhatikan dengan seksama situasi ini, dengan menempatkan kesehatan dan keselamatan artis dan penggemat sebagai prioritas," tutur juru bicara YG Entertainment dalam akun Facebook resmi Winner.

"Karena situasi ini dengan menyesal kami mengumumkan pembatalan ‘WINNER [CROSS] TOUR IN SINGAPORE’ pada 8 Februari (Sabtu)," lanjutnya.

3 dari 6 halaman

Lisa Batal Syuting

Selain Winner, sudah ada beberapa artis K-Pop yang membatalkan jadwal mereka sebelumnya. Lisa Blackpink, misalnya, batal syuting acara audisi China Idol Producer 2 yang seharusnya digelar pada 1 Februari lalu. YG Entertainment juga belum memiliki rencana ke depannya terkait pembatalan ini.

Beberapa jadwal pertunjukan musikal dari militer Korea Selatan yang menampilkan Xiumin EXO dkk juga dibatalkan di sejumlah wilayah pedesaan.

 

4 dari 6 halaman

Twice dan Kang Sung Hoon

Twice juga telah membatalkan acara fan signing yang seharusnya digelar di Tokyo Dome City Prism Hall pada 1 dan 2 Februari kemarin.

Acara fan meeting Kang Sung Hoon juga tidak jadi digelar sesuai jadwal pada 14 dan 15 Februari mendatang, karena alasan kesehatan publik.

 

5 dari 6 halaman

Penundaan

Sebagian artis juga memilih untuk memundurkan jadwal mereka. Taeyeon SNSD misalnya, memundurkan jadwal konser tunggal di Singapura yang seharusnya digelar 1 Februari lalu.

Begitu pula dengan konser NCT Dream di Makau dan Singapura pada tanggal 7,8, dan 15 Februari mendatang.

6 dari 6 halaman

Dimodifikasi

Sementara itu sejumlah artis lain mesti memodifikasi acara yang mereka gelar, untuk menghindari banyak orang berkumpul di satu tempat.

Pentagon misalnya, membatalkan showcase untuk penggemar pada 12 Februari mendatang. Sebagai gantinya, mereka akan menggelar showcase tanpa penonton yang disiarkan lewat platform V Live.

Super Junior juga batal mengundang 400 fans ke Ilsan dalam comeback show bertajuk “Super Junior: The Stage”. Acara masih digelar, tapi tanpa dihadiri fans, hanya kru dan staf Super Junior saja.