Sukses

Ria Irawan Sempat Menyerah Hadapi Kanker, Ini Kisahnya

Ria Irawan mengembuskan napas terakhir di usia 50 tahun pada Senin (6/1/2020) subuh.

Liputan6.com, Jakarta Ria Irawan mengembuskan napas terakhir di usia 50 tahun pada Senin (6/1/2020) subuh. Istri Mayky Wongkar ini meninggal dunia setelah bertahun-tahun melawan penyakit kanker.

Ria Irawan divonis kanker endometrium pada 2014. Setelah dilakukan kemoterapi, radiasi, dan tindakan medis lain, sel-sel kanker di tubuh Ria Irawan dinyatakan 100 persen terkontrol.

Namun pada 2017, sel kanker di tubuh Ria Irawan kembali aktif dan menjalar ke diafragma. Tahun lalu, penyakit itu menyebar ke organ tubuh lainnya seperti otak dan paru paru.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Fisik Sudah Tidak Kuat

Keadaan ini sempat membuat Ria Irawan menyerah. Hal ini disampaikan sendiri oleh sang suami, Mayky Wongkar.

"Dia bilang sama gue ini saja, capai. Ya sakitnya bikin capai karena yang diserang dua, yakni otak sama paru-paru. Jadi saat itu juga treatment-nya enggak bisa dibarengin karena fisiknya juga sudah enggak kuat," jelas Mayky Wongkar di rumah duka di Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Senin (6/1/2020).

3 dari 5 halaman

Jalani Terapi Oral

Usia Ria Irawan yang terus bertambah juga membuatnya tak bisa sekuat dulu menjalani beragam jenis pengobatan demi menyembuhkan sel kanker.

"Enggak kayak 4 atau 5 tahun yang lalu, dia sudah menjalani kemoterapi, radiasi beberapa kali. Lagipula umur dia juga sudah 50 dan dia bilang sama dokter, ‘Sudah enggak muda lagi, Dok. Enggak kuatlah kalau dikemoterapi lagi.’ Akhirnya dikemoterapi juga tapi secara oral," ia menceritakan.

4 dari 5 halaman

Paru-paru Memburuk

Ria Irawan sempat menjalani pengobatan untuk menjinakkan sel kanker di otaknya. Saat kanker otaknya membaik, sel kanker di paru-paru justru memburuk.

"Pilihannya adalah dia mau menyelesaikan (pengobatan kanker) kepala dulu biar dia bisa normal, bisa berkomunikasi, berjalan dan segala macam," kata Mayky Wongkar kepada Showbiz Liputan6.com.

5 dari 5 halaman

Kecolongan

Mayky Wongkar menambahkan, "Eh ternyata (sel kanker di) paru-paru dia agresif banget. Selasai otak mau treatment paru-paru, sudah kecolongan, banjir paru-parunya," Mayky Wongkar mengakhiri."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini