Sukses

Habibie dan Ainun 3 Rangkul 210 Ribu Penonton Pada Hari Pertama Penayangan

Habibie dan Ainun 3 diprediksi mudah menembus sejuta penonton.

Liputan6.com, Jakarta Dua film Indonesia yang diprediksi mencetak box office rilis pada Kamis (19/12/2019) kemarin. Dua film itu, yakni Habibie dan Ainun 3 serta Imperfect: Karier, Cinta, dan Timbangan.

Keduanya menampilkan Reza Rahadian sebagai pemeran utama. Merilis dua film besar pada hari yang sama, membuat 19 Desember disebut sebagai Hari Reza Rahadian Nasional. Habibie dan Ainun 3 diprediksi mudah menembus sejuta penonton.

Publik pun menanti, berapa jumlah penonton Habibie dan Ainun 3 pada hari pertama penayangan. Kamis malam, beredar infografik yang mengabarkan Habibie dan Ainun 3 meraup 200 ribu penonton lebih.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Direspons Jefri Nichol

Infografik itu beredar di Twitter dan direspons Jefri Nichol. Malam yang sama, sineas Hanung Bramantyo menyampaikan pengumuman resmi lewat akun Twitter dan Instagram terverifikasi miliknya.

Suami Zaskia Adya Mecca ini mengunggah foto adegan Habibie tengah merangkul para cucu di kediamannya.

3 dari 5 halaman

210 Ribu Penonton

Foto itu ditambahi keterangan, "Terima kasih, 210.000 penonton, hari pertama tayang." Menyertai foto itu, Hanung Bramantyo menulis, "210.000 orang sudah satu frekuensi dengan Eyang Habibie dan Ibu Ainun. Semoga Eyang dan Ibu turut menyaksikan kebahagiaan kita di Surga. Amin."

Hanung Bramantyo menambahkan, "Doa selalu untukmu Eyang."

4 dari 5 halaman

Sebuah Penghormatan

Sebelumnya, sineas peraih dua Piala Citra itu menyebut Habibie dan Ainun 3 merupakan penghormatan untuk almarhum B.J. Habibie dan Ainun, sebagai ikon cinta sejati. Ia pun menyebut, pasangan ini memberi teladan dan inspirasi bagi masyarakat Indonesia.

Tiga bulan sebelumnya, Hanung Bramantyo membantah isu yang menyebut ia memanfaatkan momen meninggalkan B.J. Habibie untuk membuat film Habibie dan Ainun 3.

5 dari 5 halaman

Menjawab Tudingan

Ditemui Showbiz Liputan6.com di Jakarta Selatan, Hanung Bramantyo menjelaskan,  "(Terkait strategi promosi film Habibie & Ainun 3) kami let it flow saja. Yang penting kami tidak berniat mengambil keuntungan atas kepergian Eyang Habibie. Banyak yang bilang, 'Wah setelah Eyang Habibie meninggal, pasti akan ada filmnya.' Itu pemikiran yang salah dan bodoh. Karenanya saya menentang.”

Habibie dan Ainun 3 dibuat untuk merespons ledakan film Rudy Habibie (2016) yang menyerap 2 juta penonton lebih. Film itu dirilis di bulan Ramadan. Sejak itu banyak yang menanti film biografi Hasri Ainun Besari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.