Sukses

Frederika Alexis Cull dan 5 Puteri Indonesia Ini Ukir Prestasi di Miss Universe

Liputan6.com, Jakarta - Frederika Alexis Cull menorehkan sejarah baru dalam ajang kecantikan tingkat dunia. Mewakili Indonesia di ajang Miss Universe 2019, Frederika Alexis Cull tembus ke putaran 10 besar.

Pencapaian ini tak pernah didapat Indonesia di ajang Miss Universe sebelumnya. Performa Frederika Alexis Cull di Miss Universe 2019 mendapat banyak pujian berkat pemilihan gaun yang merefleksikan keberanian, kepribadian, dan aura percaya diri yang kuat.

Sukses Frederika Alexis Cull tak lepas dari pencapaian para pendahulunya. Kali ini Showbiz Liputan6.com mengajak Anda mengilas balik siapa saja Puteri Indonesia yang mengguncang panggung Miss Universe.

2 dari 7 halaman

1. Artika Sari Devi

Dialah Srikandi Indonesia membabat alas kontes Ratu Sejagat. Puteri Indonesia 2005 ini melaju ke ajang Miss Universe. Sempat diwarnai pro-kontra, namun Artika Sari Devi sukses membawa nama Indonesia hingga ke babak 15 besar.

Meski gagal melenggang ke putaran berikutnya, pencapaian Artika Sari Devi membuka mata publik bahwa perempuan Indonesia tak kalah elok dan cerdas jika dibandingkan negara lain. Yang tak terlupakan dari Artika Sari Devi, saat tampil di panggung mengenakan kostum nasional rancangan Anne Avantie.

3 dari 7 halaman

2. Whulandary Herman

Mewakili Indonesia di Miss Universe di Moskwa, Rusia, Whulandary Herman bersaing dengan 86 wanita cantik sedunia. Whulandary tak mampu menyempurnakan pencapaian pendahulunya.

Namun ia dikenang dunia setelah dinobatkan sebagai runner-up ketiga Kostum Nasional Terbaik. Ia juga menjadi terbaik kedua dalam sesi pelelangan cinderamata senilai 8 ribu dolar AS.

4 dari 7 halaman

3. Elvira Devinamira

Ini dia Puteri Indonesia yang memenangkan hati warga dunia! Puteri Indonesia 2014 Elvira Devinamira melenggang ke panggung Miss Universe. Langkahnya memang tertahan di babak 15 besar, sama seperti Artika Sari Devi.

Namun dalam kompetisi Kostum Nasional Terbaik, Elvira Devinamira tak tertandingi. Mengusung replika Candi Borobudur seberat 15 kilogram rancangan Dynand Fariz, Elvira Devinamira bersama Sang Merah Putih membawa pulang penghargaan Kostum Nasional Terbaik.

5 dari 7 halaman

4. Anindya Kusuma Putri

Siapa sangka, Puteri Indonesia 2015 asal Jawa Tengah ini mendunia. Anindya Kusuma Putri melangkah ke panggung Miss Universe di Las Vegas, AS. Ia menyita perhatian dunia setelah menembus putaran 15 besar.

Sayang, langkah Anindya berhenti di babak ini. Pencapaian Anindya seolah menguatkan mitos yang menyebut, di ajang Miss Universe, Puteri Indonesia di bawah kutukan 15 besar.

6 dari 7 halaman

5. Kezia Roslin Cikita Warouw

Si cantik asal Sulawesi Utara ini beraksi di ajang Miss Universe di Filipina. Kezia Roslin Cikita Warouw mewakili Indonesia setelah terpilih menjadi Puteri Indonesia 2016. Lagi-lagi, langkah Kezia tak sampai 10 besar.

Yang membanggakan, selain berada di zona 15 besar, tepatnya di posisi ke-13 besar, Kezia mendapat penghargaan khusus Miss Phoenix Smile.

7 dari 7 halaman

6. Frederika Alexis Cull

Selamat tinggal kutukan 15 besar! Puteri Indonesia 2019 dari DKI Jakarta 1, Frederika Alexis Cull, menghempas kutukan 15 besar setelah namanya diumumkan masuk ke putaran 10 besar Miss Universe 2019 di Tyler Perry Studios, Atlanta, Amerika Serikat, pada Minggu waktu setempat atau Senin (9/12/2019) pagi waktu Indonesia.

Meski belum berhasil melenggang ke babak 5 besar, pencapaian Frederika Alexis Cull membesarkan hati masyarakat Indonesia. Salah satu momen tak terlupakan di Miss Universe tahun ini, saat Frederika Alexis Cull mengenakan gaun warna emas rancangan Tex Saverio. "Warna emas adalah pilihan yang berani," ujar Frederika kala itu.

Loading