Sukses

Kang Daniel Dipersoalkan karena Menang di Acara Musik, Gaon Buka Data

Liputan6.com, Seoul - Kemenangan pertama Kang Daniel dalam acara musik di comeback perdananya ternyata mendatangkan pro kontra. Dilansir dari Soompi, Kamis (5/12/2019), sejumlah penggemar K-Pop mempertanyakan mengapa pelantun "Touchin'" ini bisa menang dari AOA di acara musik The Show.

Mereka beralasan lagu Kang Daniel telah terlempar dari chart real time Melon, sementara lagu AOA masih berada pada kisaran peringkat 50-70.

Pro kontra ini makin meluas. Bahkan penggemar mencatat bahwa isu ini dimanfaatkan oleh sejumlah haters untuk menyerang Kang Daniel.

Isu ini kian membesar karena pada hari yang sama dengan kemenangan Kang Daniel di The Show, mantan anggota Wanna One ini kemudian mengungkapkan rasa putus asa menghadapi komentar jahat yang selalu ia terima. Tak berapa lama, agensi Konnect Entertainment mengungkap bahwa Kang Daniel menderita depresi dan serangan panik sejak awal tahun. Ia bahkan akhirnya istirahat sementara dari dunia hiburan. 

2 dari 7 halaman

Kalkulasi

The Show langsung memberikan klarifikasi atas masalah ini. Kepada Sports Chosun, perwakilan The Show menyebutkan kalkulasi pemenang terdiri dari 10 persen album fisik dan 40 persen dan penjualan digital.

Karena lagu Kang Daniel "Touchin'" adalah single digital maka skor album fisik adalah nol.

3 dari 7 halaman

Tidak Ditemukan Masalah

"Namun, berdasarkan kalkulasi dari penjualan digital, Kang Daniel menerima skor yang lebih tinggi dari AOA atau Astro dan diberikan 4000 poin. Karena itu benar bahwa Kang Daniel mendapat peringkat pertama. Tidak ada masalah pada peringkatnya," kata dia.

4 dari 7 halaman

Data Gaon

Dispatch juga memeriksa hasil penghitungan skor yang menentukan pemenang The Show, yakni lewat data dari Gaon, yang mengagregasi data penjualan maupun streaming karya musik.

 

5 dari 7 halaman

Poin Digital

Data dari Gaon menunjukkan bahwa poin digital "Touchin'" adalah 48.728.828. Sementara “Come See Me” milik AOA mendapat skor 10.877.791 dan “Blue Flame” milik Astro 6.941.875. Data ini dikumpulkan mulai dari 23-29 November 2019.

 

6 dari 7 halaman

12 Platform

Sumber dari Gaon menyebutkan bahwa pihaknya tidak mengambil data dari perusahaan musik secara khusus, seperti Melon.

"Kami menerima total data download dan streaming dari 12 platform musik. Indeks Gaon dikalkulasi dari data tersebut. Streaming dan download memiliki bobot yang berbeda," tutur sumber tersebut.

7 dari 7 halaman

Data YouTube

Gaon juga membuka data dari YouTube. "Touchin'" mendapat skor 2.024.601, “Come See Me” 2.718.739, sementara "Blue Flame" 3.773.435.

Loading
Artikel Selanjutnya
10 Grup K-Pop Populer yang Kehilangan Anggota pada 2019
Artikel Selanjutnya
Tahun 2019, 6 Artis K-Pop Ini Akui Berjuang Lawan Depresi dan Anxiety Disorder