Sukses

HyunA Ungkap Dirinya Alami Depresi, Gangguan Panik, dan Vasovagal Syncope

HyunA sempat tak percaya ia menderita depresi.

Liputan6.com, Seoul - HyunA menambah panjang deretan artis Korea yang akhirnya berani mengungkap masalah psikis yang mereka derita. Dilansir dari Soompi, Jumat (29/11/2019), ia menulis sebuah surat panjang yang menjelaskan kondisinya ini di Instagram.

Di awal suratnya, HyunA mengungkap ia perlu berpikir sangat panjang sebelum mengungkap hal ini.

"Aku tak yakin apakah ini keputusan yang benar atau tidak, tapi ini akhirnya kulakukan setelah berpikir panjang, jadi aku akan menceritakan kisahku," tulis HyunA.

HyunA lantas menceritakan kilas balik saat ia masih berusia muda dan bersemangat dalam meraih mimpinya.

"Waktu mengalir dan setelah debut, aku menjadi orang dewasa, dan kurasa aku harus bertanggung jawab atas semua yang kulakukan, aku merasa tak boleh berbuat kesalahan, dan aku ingin menjadi sosok pilihan orang-orang. Karena ambisi itu, aku terus maju ke depan dan terus berlari. Aku tak tahu diriku sakit," kata dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Sempat Tak Percaya

Pada 2016 HyunA kemudian mendapat diagnosis mengejutkan dari rumah sakit. Ia divonis mengalami sakit secara mental.

"Aku adalah seseorang yang selalu tangguh, jadi aku tidak bisa percaya diagnosis depresi dan gangguan panik. Aku tidak mempercayainya selama setahun," kata Hyuna. HyunA menjelaskan bahwa ia mendapat perawatan setiap dua minggu sekali.

Namun, ia mengalami gangguan kesehatan lainnya.

3 dari 5 halaman

Vasovagal Syncope

HyunA mengatakan dirinya mengalami insiden saat penglihatannya menjadi berkabut dan ia pingsan. Awalnya, ia mengira bahwa ini adalah gejala dari gangguan paniknya.

"Namun seorang dokter menyarankan agar aku pergi ke rumah sakit universitas dan menjalani sejumlah tes untuk memeriksa gelombang otakku, dan aku menemukan bahwa aku menderita sesuatu yang dinamakan vasovagal syncope."

Dikutip dari situs Cedars-Sinai, vasovagal syncope adalah kondisi yang menyebabkan hilangnya kesadaran seseorang, atau pingsan, setelah dipicu oleh sejumlah hal seperti dehidrasi atau kondisi panas. 

4 dari 5 halaman

Was-Was

Gangguan ini sempat membuat mental HyunA terpuruk. Ia ingin tampil di panggung, tapi khawatir bila ia nantinya pingsan. Ia juga khawatir bila orang tahu penyakitnya, dan tak menginginkan ia manggung.

"Karena aku mengkhawatirkan hal ini, aku tak mau mengatakannya pada siapa pun. Aku ingin menyimpan rahasiaku untuk waktu lama. Tapi setiap kali aku pingsan, aku menjadi was-was dan merasa menyesal," tutur pelantun "Bubble Pop" ini.

5 dari 5 halaman

Pilih Jujur

Untuk melepaskan beban ini, HyunA akhirnya memutuskan untuk berkata jujur kepada publik. Setelah mengumpulkan keberanian, ia lantas mengunggah pengakuan ini.

"Aku akan tetap dengan berani mencoba untuk sehat, tapi orang tak bisa jadi sempurna. Aku rasa ini belum terlambat dan aku akan mencintai dan menjaga diriku sendiri. Aku akan terus jujur dan berani seperti sekarang," tutur wanita 27 tahun ini.

Semoga sehat selalu, HyunA!

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini