Sukses

Nino RAN Puasa Bicara Sepekan Untuk Jalani Proses Pemulihan

Di layar plasma itu tergambar jelas, sebagian besar organ di tenggorok Nino RAN membengkak.

Liputan6.com, Jakarta Vokalis grup musik RAN, Anindyo Baskoro alias Nino RAN dikabarkan sedang kurang sehat. Ia pun membeberkan kondisi kesehatan terkini pada Senin (25/11/2019) malam.

Nino RAN menjalani pemeriksaan lanjutan di bawah pengawasan dokter spesialis. Nino RAN mengabadikan momen pemeriksaan itu di fitur Instagram Stories.

Dokter memasukkan alat menyerupai selang berkamera ke tenggorok Nino RAN. Kamera berukuran mini itu kemudian memproyeksikan ke layar plasma yang terpasang di tembok. Di layar plasma itu tergambar kondisi tenggorok Nino RAN.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Bengkak

Nino RAN mengunggah proses pemeriksaan medis yang dijalaninya di medsos disertai keterangan, "Dari kemarin kita nyanyi, ternyata isi daleman tembolok kita bengkak semua."

Nino membubuhkan emoji wajah terkejut hingga membiru. Berikutnya, layar plasma memperlihatkan kondisi terkini pita suara Nino RAN yang terdampak.

3 dari 5 halaman

Puk Puk Pita Suara

"Puk puk pita suara," sambung vokalis kelahiran Jakarta, 21 November 1987. Pembengkakan ini, kata Nino RAN, membuatnya hanya mampu menyanyi dua atau tiga lagu saat manggung.

Nino RAN tidak dapat menyembunyikan kesedihannya. Ia pun menyampaikan pengumuman harus menjalani puasa bicara selama seminggu.

4 dari 5 halaman

Absen Seminggu

"Jadi dengan berat hati, minta izin dulu untuk tidak mengeluarkan suara seminggu ke depan (nyanyi dan siaran)," beri tahu pelantun "Pandangan Pertama" dan "Dekat Di Hati."

Pengumuman itu disampaikan Nino dengan latar warna hitam polos plus emoji wajah meneteskan air mata. Selain puasa bicara, Nino RAN harus mengonsumsi sejumlah obat.

5 dari 5 halaman

Konsumsi Obat

Beragam obat yang mesti diminum diperlihatkan Nino di Instagram Stories. Menyertai foto tumpukan obat itu, ia menulis, "Party!"

Akhir pekan lalu, Nino RAN menjalani rangkaian showcase di tiga kota. Rekan duet Nagita Slavina di lagu "Benar Nyata" itu mengisyaratkan bahwa kondisi kesehatannya kurang prima. "Doain, ya. Kalau berkaca dari dua panggung kemarin, sakit kali ini bikin suara mulai habis di lagu kedua atau tiga, tiap show," tulis Nino di akun Instagram terverifikasi miliknya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.