Sukses

RAN Ulang Tahun Ke-13, Ini 5 Hit Besar Mereka

RAN merayakan ulang tahun ke-13 pada Senin (18/11/2019).

Liputan6.com, Jakarta RAN merayakan ulang tahun ke-13 pada Senin (18/11/2019). Grup musik yang diperkuat Anindyo Baskoro alias Nino (vokal), Rayi Putra (vokal), dan Astono Andoko (gitar) ini telah mencetak belasan hit dari beberapa album.

Debut lewat album RAN For Your Life bersama Universal Music Indonesia pada 2007, RAN mempertahankan eksistensi dengan rajin merilis album, menggarap soundtrack, serta berkolaborasi dengan musisi lain.

Kali ini Showbiz Liputan6.com memilih 5 hit besar RAN yang dirilis sejak lahir tahun 2007. Adakah salah satu lagu RAN berikut ini favorit Anda?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Pandangan Pertama (2007)

Tidak mungkin RAN menggelar showcase tanpa membawakan lagu ini. "Pandangan Pertama" hit yang membuat semua mata tertuju pada RAN. Dengan sentuhan funk dan rap di pertengahan lagu, "Pandangan Pertama" jadi lagu pop dengan level manis tak berlebih.

Didengar setelah belasan tahun kemudian pun terasa enak saja. Lagu ini membuka jalan bagi lagu RAN lain seperti "Hanya Untukmu" dan "Selamat Pagi." "Pandangan Pertama" dari album RAN For Your Life merupakan cetak biru bagi lagu maupun album RAN yang dirilis setelahnya.

3 dari 6 halaman

2. Dekat Di Hati (2013)

Sejak RAN For Your Life menggegerkan pasar, RAN tak punya hit yang dampaknya sebesar "Pandangan Pertama." Sampai akhirnya, Rayi-Asta-Nino merilis album Hari Baru. Tiga hit yang diperkenalkan ke publik, yakni "Hari Baru," "Kita Bisa," dan "Begitu Saja" disambut pasar. Namun single keempatlah yang bikin karier RAN meroket.

"Dekat Di Hati" dikemas dengan petikan gitar lembut sekaligus dominan. Lagu yang ditempatkan di track terakhir ini agresif membius hati penonton. Petikan gitar membangkitkan hawa romantis. Teknik vokal Nino-Rayi terdengar tulus. Selain itu, kekuatan "Dekat Di Hati" terletak pada tema yang dekat di hati pendengar, yakni LDR alias hubungan jarak jauh. Aw!

4 dari 6 halaman

3. Kulari Ke Pantai (2018)

Lagu "Selamat Pagi" yang pantai abiz menarik hati Mira Lesmana dan Riri Riza. Keduanya tengah menggarap proyek layar lebar Kulari Ke Pantai. Mira-Riri lantas menghubungi RAN. Kerja sama mereka menghasilkan dua lagu, yakni "Selamat Pagi" versi baru dan "Kulari Ke Pantai."

Judul yang disebut terakhir mengantar RAN meraih Piala Citra kategori Pencipta Lagu Tema Terbaik FFI 2018. Ini bukan kali pertama RAN mengerjakan soundtrack. Pada 2009, RAN memproduksi "Ratu Lebah," lagu tema film Queen Bee. Tujuh tahun berselang, mereka merilis "Nyanyian Harapan" soundtrack film I Am Hope.

5 dari 6 halaman

4. Nothing Lasts Forever (2007)

Bagi penggemar berat RAN, "Nothing Lasts Forever" punya arti khusus. Lagu inilah yang kali pertama dirilis RAN di radio, mendahului "Pandangan Pertama" yang meledak di pasar.

Tanpa video klip dan berbahasa Inggris, "Nothing Lasts Forever" ibarat kata pengantar yang menuntun pendengar menuju bab inti berjudul RAN For Your Life. "Benar, ini lagu yang kali pertama dirilis RAN dan tidak ada video klipnya," kenang Nino kepada Showbiz Liputan6.com di Jakarta, Selasa (19/11/2019).

6 dari 6 halaman

5. Kulakukan Semua Untukmu (2011)

Versi asli "Kulakukan Semua Untukmu" ada dari album kompilasi Love 2000 (Musica Studios, 2000). Lagu karya Fatur, vokalis Java Jive, itu dinyanyikan Fatur bareng Nadila. Satu dekade berselang, lagu ini direkam ulang RAN untuk memperkuat album HOP3. Aransemen yang lebih segar dan kompleks tak membuat langkah tembang ini memberat di tangga lagu radio se-Indonesia.

"Kulakukan Semua Untukmu" menjadi hit besar dan dicintai generasi Instagram. RAN kemudian mengemas ulang beberapa hit lawas seperti "Tentang Kita" (KLa Project), "Andai Dia Tahu" (Kahitna), dan "Wow" (Vina Panduwinata). Hasilnya memang tidak sedahsyat "Kulakukan Semua Untukmu."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini