Sukses

Mondo Gascaro Berikan Apresiasi kepada Rien Djamain Lewat Dian Asmara

Dalam lagu bertempo upbeat tersebut, Mondo Gascaro berkolaborasi dengan penyanyi legendaris Rien Djamain.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah merilis album original soundtrack film Kucumbu Tubuh Indahku pada akhir 2018 lalu, kini Mondo Gascaro kembali dengan single terbarunya berjudul "Dian Asmara". Dalam lagu bertempo upbeat tersebut, Mondo Gascaro berkolaborasi dengan penyanyi legendaris Rien Djamain.

Lagu "Dian Asmara" merupakan sebuah persembahan dari Mondo Gascaro kepada sang idola, Rien Djamain, penyanyi legendaris yang kondang di akhir 1970-an dan tahun 1980-an.. Judul "Dian Asmara" merujuk pada lagu populer Rien Djamain "Api Asmara". Dian bermakna juga api. 

"Dian itu cahaya atau api. Jadi sebenarnya merefer ke "Api Asmara", lagu hits-nya penyanyi jazz legendaris Rien Djamain. Tapi ini lagu baru yang saya ciptakan sendiri. Lagu itu memang suatu tribute, apresiasi, atau selebrasi saya untuk Rien Djamain," ujar Mondo Gascaro, dalam wawancara Facebook Live bersama Liputan6.com di Gondangdia, Jakarta Pusat, Senin (4/11/2019).

Video lirik "Dian Asmara" telah diunggah di kanal YouTube Ivy League Music pada 11 Oktober 2019 lalu. Para pecinta musik di Tanah Air juga bisa mendengarkan lagu "Dian Asmara" di berbagai layanan musik digital. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Miliki Banyak Potensi

Mondo Gascaro kemudian menuturkan alasannya menggandeng Rien Djamain dalam proyek kolaborasinya kali ini. Dikatakan Mondo, pelantun "Kucoba Lagi" tersebut masih memiliki banyak potensi untuk ditumpahkan ke dalam sebuah lagu.

"Tante Rien Djamain buat gue pribadi adalah penyanyi favorit sepanjang masa. Lagu-lagu dan album-album yang pernah dia rilis itu enggak pernah lekang oleh waktu. Ruang eksplorasi seorang Rien Djamain masih banyak dan masih sangat relevan," ungkap mantan personel Band Sore ini.

 

3 dari 5 halaman

Tidak Menjadi Hambatan

Menurut Mondo Gascaro, perbedaan generasi antara masa keemasan Rien Djamain dengan situasi musik zaman sekarang tidak menjadi sebuah hambatan. Penata musik film ternama ini mengatakan bahwa generasi muda di zaman sekarang cenderung mengulik kembali musik pop lawas Indonesia.

"Relevansinya kalau sekarang itu kan lagi tren juga revival musik city pop dari Jepang dan segala macam. Banyak juga anak-anak muda Indonesia yang pengin menggali lagi hits-hits musik pop Indonesia di zaman-zaman awal," sambung musikus berdarah Jepang ini.

 

4 dari 5 halaman

Awal Pertemuan

Lebih lanjut, Mondo Gascaro menceritakan awal pertemuannya dengan Rien Djamain. Ide kolaborasi dalam lagu "Dian Asmara" tercetus beberapa saat sebelum Mondo Gascaro tampil di Synchronize Festival pada Oktober 2019 lalu.

"Waktu itu yang kita obrolin adalah proyek kolaborasi buat perform live di Synchronize Festival. Karena saya sudah tiga kali main di situ, kayaknya di tahun ketiga ini harus ada sesuatu yang baru," kata Mondo.

 

5 dari 5 halaman

Banyak Kesamaan

Selain itu, pria 44 tahun ini juga menemukan banyak kesamaan ketika berbincang dengan Rien Djamain. Dari perbincangan itu, Mondo akhirnya memutuskan untuk membuat lagu kolaborasi bersama penyanyi wanita yang dikaguminya tersebut.

"Ngobrolnya nyambung, sama-sama suka bossanova. Tante Rien juga masih semangat untuk nyanyi. Akhirnya bikin lagu buat kolaborasi ini," ia mengakhiri.

(Affiyah Tri Yuni Sari/Mgg)     

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini