Sukses

Perjuangan Dian Sastrowardoyo agar Anaknya Sembuh dari Autisme

Anak Dian Sastrowardoyo mengidap autisme.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah disimpan bertahun-tahun, Dian Sastrowardoyo mengungkap bahwa anak pertamanya berkebutuhan khusus. Shailendra Naryama Sastraguna Sutowo ternyata mengidap autisme.

Hal ini disadari Dian Sastrowardoyo saat sangat anak berusia enam bulan. Kala itu, ia melihat bahwa perkembangan Shailendra tidak seperti anak pada umumnya yang seusia dengannya.

"Di sini insting seorang ibu muncul. Sorry to say, tapi ini fakta kalau insting ibu lebih kuat. Kita harus early intervention untuk mengetahui gejala dini pada anak," papar Dian Sastrowardoyo di JCC, Jakarta Pusat, Jumat (23/2/2019).

Berawal dari insting tersebut, Dian Sastrowardoyo akhirnya berkonsultasi dengan dokter. Dan hasilnya adalah benar, bahwa anaknya didiagnosis autisme.

"Kita harus juga kontrol ke dokter tumbuh kembang anak. Dari tujuh ciri (autisme) yang saya lihat, di anak saya ada semua," ucap Dian Sastrowardoyo. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Terapi

Dengan penuh kesabaran, Dian Sastrowardoyo mendampingi anaknya menjalani pengobatan dan terapi. Kini, kondisi sang anak sudah normal.

"Dia terapi dan juga banyak bantuan dari psikolog dan juga dokter anak. Saya memberikan terapi wicara, terapi okupasi, dan juga terapi perilaku buat anak saya," ia menjelaskan.

"Alhamdulillah kabar baik, dengan intervensi lebih awal, di umur 6 tahun anak saya bisa dianggap seperti anak normal lainnya. Tidak perlu terapi lagi,” ungkapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini