Sukses

Anak Kedua Dede Sunandar Idap Penyakit Langka

Liputan6.com, Jakarta - Dede Sunandar tengah dirundung duka. Anak keduanya, Ladzan Syafiq Sunandar, divonis mengidap penyakit langka. Hal itu diketahui dari obrolan Dede Sunandar dengan Raffi Ahmad di sebuah acara talkshow.

Ketika itu, Dede Sunandar menyebut putra keduanya itu mengidap penyakit Williams Syndrome (WS). Seperti diketahui, Williams Syndrome atau Sindrom Williams merupakan penyakit genetik yang memengaruhi bagian tubuh.

Efek dari sindrom ini, biasanya tampak pada fitur wajah. Pengidap WS pada bagian dahinya tampak lebar, hidung pendek dan pipi penuh. Selain itu, ada juga masalah pada gigi, jantung dan hiperkalsemia yang sering muncul.

"Dia punya penyakit yang beda dari semua orang, nama penyakitnya Williams Syndrome. Jadi kayak jantung, paru-paru terus lambung itu ada masalah. Jadi harus dioperasi mau-enggak mau," kata Dede Sunandar dikutip dari tayangan YouTube Okay Bos, Jumat (9/8/2019). 

2 dari 2 halaman

Proses Panjang

Pesinetron Super Dede ini sudah melakukan yang terbaik untuk pengobatan si kecil Ladzan. Namun, untuk menjalani proses penyembuhan, Dede harus bersabar lantaran dibutuhkan proses yang cukup panjang.

"Dioperasinya ada empat tahapan. (Operasi) 1-3 tahun, 7 tahun, 13 tahun sama 23 tahun. Sekarang Ladzan usianya satu tahun empat bulan. Kalau tindakan semaksimal keluarga Dede sudah," ucap Dede Sunandar.

"Sampai detik ini pun sudah sampai yang namanya dimasukkan ke dalam tubuh itu (MRI). Dan harus dicek setiap bulannya." ia menandaskan.