Sukses

Studio Kyoto Animation Diduga Dibakar, Puluhan Orang Diperkirakan Tewas

Liputan6.com, Kyoto - Studio Kyoto Animation yang melahirkan puluhan anime populer, diduga diserang. Dilansir dari The Verge, Kamis (18/7/2019), sebuah ledakan terdengar di studio ini sekitar pukul 10:30 pagi waktu setempat.

Polisi mengamankan seorang pria berumur sekitar 40-an yang terlihat menyiram dan menyulut cairan yang diduga sebagai bensin di lantai satu gedung Kyoto Animation. Lantai ini, disebut sebagai lokasi utama jalannya produksi studio ini.

Surat kabar Mainichi Shinbun melaporkan bahwa pria inilah yang memicu terjadinya kebakaran. BBC, melansir laporan NHK, menyebut bahwa pria ini berteriak "matilah" saat menjalankan aksinya.

Akibat kejadian ini, korban tewas tak dapat dihindari. CNN melaporkan diperkirakan ada setidaknya 23 korban tewas atas kejadian ini, dan 36 lainnya terluka.

Pemadam kebakaran Kyoto menyatakan 13 korban dikonfirmasi telah tewas, dan lebih dari 10 orang berada di dalam gedung  Kyoto Animation tapi tak memperlihatkan tanda kehidupan.

2 dari 2 halaman

Studio Animasi Terkemuka

Kyoto Animation, atau dikenal dengan nama KyoAni, didirikan Yoko dan Hiadeaki Hatta pada 1981. Studio ini telah menelurkan sejumlah serial populer, seperti K-On! dan The Melancholy of Haruhi Suzumiya.

The Verge melaporkan bahwa KyoAni adalah studio animasi yang dikenal karena kualitas animasinya yang tinggi. Studio ini juga dikenal sebagai salah satu tempat kerja yang paling ramah di bidang animasi, industri yang dikenal memiliki tekanan tinggi di Jepang.

Loading
Artikel Selanjutnya
Pernah ke TKP Sebelum Beraksi, Ini Motif Pembakar Gedung Kyoto Animation?
Artikel Selanjutnya
6 Fakta Mengerikan di Balik Tragedi Kebakaran Studio Kyoto Animation