Sukses

Saykoji dan Andovi da Lopez Ajak Ratusan Mahasiswa Tanam Pohon di Candi Prambanan

Liputan6.com, Jakarta Musisi Igor Saykoji, aktor Andovi da Lopez serta presenter Tommy Tjokro mengajak ratusan mahasiswa dari berbagai universitas di Yogyakarta untuk menghijaukan kawasan komplek Candi Prambanan. Mereka melakukan penanaman pohon berbagai jenis.

Sebanyak 250 pohon dan 5000 semak berbunga dari 25 varietas pohon dan semak berbunga ditanam tersebar di kawasan candi yang berada di perbataan Jateng DIY. Dalam kesempatan itu, Igor Saykoji dan Andovi rela berpanas-panasan demi menanam pohon di sekitar Candi Prambanan.

"Kami berharap penanaman pohon ini makin menghijaukan kawasan Candi Prambanan," ujar General Manager PT PT Taman Wisata Candi (TWC) Unit Candi Prambanan, Aryono Hendro Malyanto, di Areal Candi Prambanan, Yogyakarta, baru-baru ini.

Penanaman pohon dilakukan di sekitar Candi Roro Jongrang, Candi Bubrah, Candi Lumbung dan Candi Sewu. Berbagai jenis pohon ditanam seperti Sawo Kecik, bodi, Kepel, Keben, Maja dan lain sebagainya. Igor Saykoji dan Andovi pun kebagian menanam pohon di Candi Bubrah. Semua bibit tanaman ini diambil dari Pusat Pembibitan Tanaman (PPT) Bakti Lingkungan Djarum Foundation di Kudus.

 

2 dari 3 halaman

Langkah Nyata

Sebelumnya, Vice President Director Djarum Foundation, FX Supanji menuturkan, Candi Darling merupakan sebuah program dari gerakan Siap Sadar Lingkungan (Siap Darling) yang diinisiasi oleh Bakti Lingkungan Djarum Foundation.

Menurut Supanji program Candi Darling merupakan langkah nyata dalam menggerakkan generasi milenial khususnya mahasiswa agar lebih peduli terhadap lingkungan. Program ini diharapkan dapat menumbuhkan rasa memiliki dan bangga dikarenakan mereka turut berperan serta menghijaukan situs-situs cagar budaya Indonesia serta menularkannya kebiasaan baik ini di masyarakat luas.

"Harapan jangka panjang adalah langkah ini akan menciptakan ekosistem lingkungan yang berkelanjutan," ungkap FX Supanji

 

3 dari 3 halaman

Candi Lainnya

Gerakan penghijauan tanaman aneka pohon di candi, diawali di Candi Prambanan. Program itu dirancang dilaksanakan hingga 2025 dan akan menyasar candi-candi di seluruh Indonesia.

Sambil mendata jumlah candi yang akan disasar, untuk sementara ada 60 candi prioritas, yang semuanya berada di Pulau Jawa, sedangkan khusus di Yogyakarta dan sekitarnya ada 24 candi.

"Sebenarnya, masih cukup banyak candi-candi di wilayah Yogyakarta yang kondisinya masih gersang, sehingga membutuhkan program penghijauan seperti yang dimulai hari ini," kata Kepala Balai Pelestarian Cagar Budaya DIY, Zaimul Azzah.

Loading