Sukses

Skandal Seungri Bigbang Bikin Industri K-Pop Rugi USD 538 Juta

Jakarta - Skandal artis Korea yang melibatkan Seungri Bigbang dan beberapa artis lainnya menjadi perhatian dunia. Tak cuma itu, kasus ini rupanya juga turut merugikan industri K-pop secara keseluruhan.

Melansir Koreaboo, sebuah laporan menyebutkan bahwa dampak kasus Seungri Bigbang itu telah mengorbankan kapitalisasi pasar dari beberapa perusahaan hiburan besar di Korea, termasuk YG dan FNC Entertainment.

Seungri Bigbang yang dinaungi YG Entertainment terlibat kasus tersebut sebagai pusaran utama, sedangkan FNC Entertainment terkena dampak karena ada dua artisnya yang terseret dalam kontroversi itu, yakni Choi Jonghoon dan Lee Jonghyun.

Kerugian yang dialami industri K-pop atas kasus tersebut sejauh ini sudah mencapai USD 538 juta. Sejak kasus bergulir pada 26 Februari, dan dalam rentang waktu itu hingga 18 Maret, kapitalisasi pasar gabungan para perusahaan hiburan turun sekitar USD 520 juta. Penurunan tersebut merugikan investor ketika National Pension Service Korea melaporkan kehilangan sebesar USD 29,1 juta dalam periode yang sama.

Sebab melibatkan banyak artis, terutama idola K-pop, kasus ini membangkitkan ketidakpercayaan publik dan memicu kebencian terhadap perusahaan dan artis yang bersangkutan. Hal ini juga menjadi pukulan telak bagi pasar K-pop yang jadi tidak tahan lama, kecuali perubahan besar dibuat.

2 dari 3 halaman

Awal Kasus

Adapun kasus Seungri Bigbang yang dimaksud berawal dari kasus pemukulan di klub Burning Sun yang merembet ke sebuah grup chat yang diketahui di dalamnya Seungri telah meminta Mr. Kim untuk menyediakan perempuan dalam rangka memberikan layanan pendamping seksual kepada klien bisnisnya.

Tidak sendiri, mantan member Bigbang itu memintanya bersama Yu In Suk, yang saat itu masih menjabat sebagai CEO Yuri Holdings, perusahaan bisnis Seungri.

3 dari 3 halaman

Jadi Tersangka

Akibatnya, Seungri pun harus menjalani pemeriksaan polisi dan telah ditetapkan sebagai tersangka atas kasus tersebut. Saat ini, YG Entertainment telah memutus kontrak Seungri sebagai artisnya dan Seungri pun memutuskan untuk pensiun dari dunia hiburan karena kasus tersebut.

Dari grup chat itu pula diketahui bahwa rekan Seungri, Jung Joon Young kerap membagikan video seks dari rekaman tersembunyi yang dilakukannya. Baik kepada grup tersebut, maupun kepada rekan selebriti lain, yakni Lee Jonghyun CNBLUE dan Yong Junhyung Highlight.

Tidak hanya itu, di grup chat tersebut juga muncul dugaan adanya keterikatan polisi untuk menutupi tindakan kriminal seperti yang dialami peserta grup chat lainnya, Choi Jonghoon yang diketahui berkendara sambil mabuk 3 tahun lalu. (Deti Mega Purnamasari/JawaPos.com)

Loading
Artikel Selanjutnya
Seungri Dapat Apartemen Mewah dari Pria Kaya Vietnam?
Artikel Selanjutnya
Mengaku Jadi Korban di Grup Chat Jung Joon Young, Wanita Ini Siap Bersaksi