Sukses

Bikin Kaus untuk Amal, Spice Girls Bayar Buruh Rp 6.500 per Jam

Spice Girls membuat kaus untuk amal yang dijual dengan harga sekitar Rp. 355 ribu.

Liputan6.com, Jakarta - Spice Girls akan mendonasikan kaus bertuliskan #IWannaBeASpiceGirl kepada Comic Relief untuk membantu memperjuangkan kesetaraan bagi perempuan. Untuk mendapatkan itu, para buruh dari Bangladesh yang membuatnya.

Harga jual kaus tersebut dibandrol Spice Girls 19,40 poundsterling atau sekitar Rp 355.000, Dan badan amal tersebut akan menerima sebesar 11,60 poundsterling atau kira-kira Rp 20900 untuk masing-masing T-shirt dari Spice Girls.

Sayangnya, buruh-buruh tersebut hanya dibayar sebesar 35 pence atau sekitar Rp 6.500 sejamnya, demikian laporan investigasi Guardian, Minggu (20/1/2019).

Dan para buruh wanita tersebut dipaksa bekerja selama 16 jam per hari. Dan mereka akan disebut "anak pelacur" oleh manajer bila tak mencapai target.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kaget

Diakui Comic Relief, pihaknya belum menerima uang tersebut.

Seorang juru bicara Spice Girls mengatakan, mereka sangat terkejut dan secara pribadi akan mendanai penyelidikan kondisi kerja pabrik tersebut.

Hal yang sama juga dikatakan Comic Relief, mereka terkejut dan khawatir.

Kedua pihak mengatakan mereka telah memeriksa kredensial sumber etis dari Represent, pengecer online yang ditugaskan Spice Girls untuk membuat kaus, tetapi kemudian berganti produsen tanpa sepengetahuan Spice Girls. 

3 dari 3 halaman

Dipromosikan Selebritas

Kaus amal yang dibuat Spice Girls telah dipromosikan sederet selebritas mulai dari presenter Holly Willoughby, penyanyi Sam Smith, dan Jessie J serta juara Olimpiade Jessica Ennis-Hill. (Antaranews.com)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.