Sukses

YouTube Rewind 2018 Jadi Video Kedua dengan Dislike Terbanyak, Ini Alasannya

Di YouTube Rewind dari Tanah Air diwakili oleh dua kanal yang lagi ngehits, yaitu Gen Halilintar dan Skinnyindonesian24.

Liputan6.com, Jakarta Menjelang pergantian tahun, YouTube merilis rangkuman momen-momen fenomenal selama 2018 yang diperagakan ulang oleh para Youtuber dalam segmen bertajuk YouTube Rewind. YouTube Rewind 2018 merupakan sebuah 'tradisi' YouTube sejak tahun 2010 lalu.

Video kompilasi topik yang menjadi trending di sepanjang tahun itu pun selalu dinantikan banyak orang. Setelah ditunggu-tunggu, Youtube Rewind 2018 akhirnya dirilis pada 7 Desember 2018 lalu.

Tahun ini, YouTube Rewind berkolaborasi dengan 50 kanal YouTube Rewind 2018 dari seluruh dunia termasuk Indonesia. Dari Tanah Air sendiri diwakili oleh dua kanal yang lagi ngehits, yaitu Gen Halilintar dan Skinnyindonesian24.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Banjir Dislike

YouTube Rewind 2018 ini memiliki nafas yang serupa dengan tahun-tahun sebelumnya, namun terdapat beberapa perbedaan signifikan yang diusung.

Namun, nampaknya YouTube Rewind 2018 ini tidak mendapatkan respon yang baik. Pasalnya, setelah 5 hari tayang, berdasarkan penelusuran Liputan.com pada Rabu (12/12/2018) terdapat hampir 9 juta dislike untuk video ini.

Bahkan menurut laman Wikipedia, video tersebut bisa berada di urutan kedua hanya dalam waktu 48 jam saja. Video YouTube Rewind 2018 ini hanya membutuhkan waktu 9 jam saja untuk mendapatkan 1 juta dislike.

Dengan jumlah angka yang fantastis tersebut, YouTube Rewind 2018 menjadi video YouTube dengan dislike terbanyak kedua sepanjang sejarah setelah videoklip Baby milik Justin Bieber. Videokli Justin Bieber tersebut mendapat 9,7 juta dislike. Sementara di bawah YouTube Rewind 2018, terdapat video Jack Paul yang berjudul I’ts Everyday Bro dengan 4,03 juta dislike.

Selain itu, tagar #YouTubeRewind yang trending di Twitter juga dipenuhi dengan ungkapan kekecewaan dari warganet dunia. Menurut mereka, banyak momen-momen besar yang hilang dan YouTube telah melewatkannya dalam rangkuman tahun ini.

3 dari 4 halaman

Alasan YouTube Rewind 2018 mendapat banyak dislike

Dilansir Liputan6.com dari Heavy.com, banyak penggemar menyatakan kekecewaannya karena momen-momen yang pernah viral seperti pertandingan tinju antara Logan Paul dan Briton KSI, film dokumenter Shane Dawson tentang Jake Paul dan keadaan YouTube saat ini, serta perseteruan antara PewDiePie dan T-Series tidak dimasukkan.

Jika diperhatikan dengan seksama, YouTube Rewind 2018 mengusung konsep yang sedikit berbeda dari tahun sebelumnya. Pada YouTube Rewind 2018 ini bisa dibilang lebih banyak drama yang dibuat dibandingkan dengan Youtube Rewind sebelumnya yang lebih mementingkan tren serta musik yang selaras. YouTube Rewind 2018 lebih memperbanyak porsi percakapan antar YouTuber dengan bahasa asal masing-masing, dibanding tahun lalu yang lebih menekankan sinematografi dan video mash-up.

Di tengah-tengah video, para YouTuber terlihat berdiskusi mengenai apa yang harus tampil di YouTube Rewind tahun ini. Secara umum, mereka memilih hal-hal positif yang layak tampil di YouTube Rewind 2018.

YouTube Rewind 2018 menampilkan beberapa Youtuber merasa bersyukur, karena Youtube telah membantu dia dan masyarakat untuk lebih sadar dengan kesehatan mental, merepresentasikan Asia dalam bidang hiburan, dan pemberdayaan perempuan.

Dari potongan scene YouTube Rewind ini, mungkin menjadi pesan yang ingin disampaikan YouTube kepada para penonton dan pengiklannya, mengingat tahun ini beberapa video populer menjadi kontroversi yang berbuah kritikan tentang kebijakan monetisasi YouTube.

Namun, bukan berarti Youtube Rewind 2018 benar-benar meniadakan momen-momen besar yang viral di tahun 2018. Dari video berdurasi 8 menit 13 detik tersebut, bisa ditemukan sejumlah momen yang sangat fenomenal di tahun 2018 ini, seperti joget fornite dan baby shark. Tak ketinggalan, Kiki Challenge dengan lagu khas "My Feelings" juga memeriahkan YouTube Rewind 2018.

Selain itu sejumlah lagu yang hits di tahun ini pun turut memeriahkan suasana YouTube Rewind 2018, mulai dari I Like It yang dibawakan oleh Cardi b, Bad Bunny & J Balvin serta lagu berjudul Idol yang dibawakan oleh salah satu boyband Korea Selatan, BTS.

4 dari 4 halaman

Banyak yang Absen

Selain karena alasan isi kontennya, banyak pula yang mengeluh bahwa YouTube Rewind 2018 dipenuhi dengan sebagian besar kreator yang tidak mereka kenal. YouTube Rewind 2018 dikritisi lantaran banyak sekali nama kreator YouTube papan atas yang absen.

Para fans menunjuk absennya sang YouTuber dengan subscriber terbanyak yakni PewDiePie, serta Logan Paul dari Rewind 2018 sebagai hal yang konyol. Meski diketahui jika mereka bukanlah sosok yang biasa. Pasalnya, mereka justru kontroversial dengan skandal seksisme, rasisme. Seperti anti-semit dari PewDiePie serta tidak empatinya Logan Paul terhadap penderita penyakit mental dengan merekam vlog di hutan bunuh diri di Jepang.

Dari segi jumlah kreator yang muncul di YouTube Rewind 2018 memang tak sampai setengah dari tahun kemarin. YouTube Rewind 2018 ini hanya menampilkan 100 kreator saja. Padahal tahun lalu, terdapat 250 kreator yang masuk di Rewind 2017.

YouTube Rewind 2018 sendiri sebenarnya sudah melibatkan beberapa Youtuber ternama serta artis ternama dalam pembuatan videonya. Sebut saja Will Smith, Casey Neistat, Ninja, Marshmello, Lucas The Spider, Sam Tsui, dan masih banyak lagi.

Namun, kehadiran Will Smith, komedian Trevor Noah dan John Oliver, serta streamer dari platform Twitch, Ninja justru menuai cibiran. Pasalnya, sosok-sosok tersebut bukanlah orang yang mengawali perjuangan mereka di YouTube.

Meski banjir dislike dan menuai banyak kritikan, video YouTube Rewind 2018 ini hingga Rabu (12/12/2018) sudah ditonton hampir 114 juta kali.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.