Sukses

Jajal Olahraga Trail Running, Rikas Harsa Belajar dari Profesional

Rikas Harsa tengah menggeluti olahraga lari di trek pegunungan atau yang dikenal dengan trail running.

Liputan6.com, Jakarta - Presenter Rikas Harsa baru-baru ini menjajal olahraga baru. Rikas Harsa tengah menggeluti olahraga lari di trek pegunungan atau yang dikenal dengan trail running.

Dalam mempelajari olahraga ini, Rikas Harsa belajar langsung pada ahlinya, yaitu Vlad Ixel yang merupakan atlet profesional dari The North Face. Sebelumnya, Rikas Harsa diketahui memang gemar dan terbiasa mendaki gunung.

Namun kali ini ia tak hanya sekadar mendaki, tetapi juga berlari. Untuk itu, Rikas Harsa mengaku sedikit kesulitan.

"Jadi gua belum pernah ngerasain yang namanya trail running. Sejauh ini yang gua lakuin seperti orang-orang pada umumnya cuma jogging, running aja yang jaraknya cuma 5 km sampai 10 km," ujar Rikas Harsa saat ditemui di The North Face Stor Mall Grand Indonesia, Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat (28/9/2018).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Fisik

Sebagai atlet profesional, Vlad Ixel pun tak sungkan berbagi tips apa saja yang harus dipersiapkan. Mulai dari persiapan fisik dan alat-alat pendukung trail running.

"Untuk memulai olahraga ini sih gua mungkin akan mulai latihan fisik ya, untuk awal-awal gua akan coba running lebih jauh dari biasanya, pelan-pelan sih," ujar Rikas Harsa.

"Jadi kalau kamu mau trail running yang harus disiapin itu kita harus bawa air, jaket, emergency blanket, snack karena kita harus makan setiap satu jam nya sebanyak 200 kalori dan sarung tangan," jelas Vlad Ixel kepada Rikas Harsa.

 

3 dari 3 halaman

Sepatu Khusus

Selain dari kesiapan fisik, peralatan juga sangat dibutuhkan demi mendukung olahraga ini. Vlad mengatakan kepada Rikas Harsa bahwa sepatu yang digunakan untuk trail running sangatlah berbeda dengan sepatu pada umumnya.

"Secara bahan itu trail running akan lebih kuat, karena akan menginjak batu-batu keras. Kalau kita pakai sepatu biasa support ke kakinya enggak akan maksimal. Jadi, ya memang yang terbaik pakai sepatu trail running," terang Vlad.

Untuk diketahui, Rikas Harsa merupakan presenter sebuah program traveling di salah satu stasiun tv Indonesia. Rikas Harsa biasa mendaki pegunungan dalam setiap episode programnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini