Sukses

Avengers: Infinity War dan Thanos Disinggung Jokowi di Forum Ekonomi se-ASEAN

Liputan6.com, Jakarta - Thanos yang telah lama menjadi karakter antagonis komik Marvel, kini makin dikenal para pencinta film seluruh dunia berkat film Avengers: Infinity War. Sampai-sampai, Thanos menjadi topik pidato Presiden Joko Widodo alias Jokowi dalam sebuah forum ekonomi se-ASEAN.

Berbicara dalam World Economic Forum on ASEAN di National Convention Center, Hanoi, Vietnam, Rabu 12 September 2018, Jokowi beranalogi bahwa tema Avengers: Infinity War persis seperti kondisi perekonomian saat ini. Adapun Thanos dianggapnya sebagai sosok yang mengancam setengah populasi bumi, seperti film tersebut.

Dalam Avengers: Infinity War, Thanos menganggap bahwa populasi di alam semesta sudah terlalu padat dan menurutnya sumber daya alam semesta sangat terbatas. Karena itu, dia menawarkan solusi dengan memusnahkan sebagian alias 50 persen populasi makhluk hidup di alam semesta.

Pemikiran Thanos dalam Avengers: Infinity War itulah yang menjadi sorotan Jokowi. Namun begitu presiden meyakinkan bahwa pemikiran Thanos salah, karena sumber daya untuk manusia tidak terbatas. Contohnya adalah melalui kecanggihan teknologi ponsel dan pembangkit listrik dari panel surya yang ringan.

2 dari 4 halaman

Perang yang Tak Terbatas

"Kondisi perekonomian dunia saat ini digambarkan seperti dalam film Avengers: Infinity War. Perang yang tak terbatas. Sosok bernama Thanos mengancam memusnahkan setengah populasi bumi, karena ia percaya sumber daya planet bumi terbatas," Presiden Joko Widodo menuliskan tema pidatonya melalui akun Facebook, Rabu (12/9/2018).

"Akan tetapi, ternyata Thanos keliru. Di hadapan sejumlah pemimpin negara yang hadir pada World Economic Forum on ASEAN di Hanoi, siang tadi, saya mengatakan bahwa pada kenyataannya sumber daya untuk umat manusia tidak terbatas," ia melanjutkan.

3 dari 4 halaman

Bukan Seorang Individu

Tak hanya itu, Jokowi juga menegaskan bahwa negara-negara di ASEAN harus mencegah perang dagang menjadi "perang yang tidak terbatas" (infinity war).

Mengutip laman Sekretariat Kabinet Republik Indonesia, sosok Thanos menurut Jokowi bukanlah seorang individu. Namun sebuah kepercayaan yang salah bahwa untuk mencapai keberhasilan bagi semua, yang lain harus mengalah.

4 dari 4 halaman

Mencegah Thanos

Uniknya di awal pidato, Jokowi menjanjikan bahwa ia dan teman-teman "Avengers"-nya, sedang bersiap untuk mencegah Thanos dari pemusnahan penduduk dunia.

Karakter Thanos dipastikan akan muncul kembali pada Mei 2019 mendatang dalam film Avengers 4. Film yang belum memiliki judul tetap tersebut, bakal menghadirkan anggota Avengers dari film pertama, Captain Marvel, Ant-Man, War Machine, dan dua karakter Guardians of the Galaxy untuk melawan Thanos.

Loading
Artikel Selanjutnya
Pidato di Forum Ekonomi Dunia, Jokowi Sebut 'Thanos' Keliru
Artikel Selanjutnya
Iklan Jokowi di Bioskop Picu Kontroversi, Begini Respons Warganet