Sukses

Tohpati Nilai Peavey Guitar Showdown 2018 Unik

Tohpati menjadi bintang tamu di ajang Peavey Guitar Showdown 2018.

Liputan6.com, Jakarta Kompetisi bagi para anak band yang jago bermain gitar dibuat dengan tajuk Peavey Guitar Showdown 2018. Beberapa anak band menampilkan performa terbaiknya untuk menjadi pemenang. Ini menjadi sesuatu yang membanggakan bagi maestro gitar Tohpati. 

Kompetisi yang dibuat dengan konsep tim Peavey Indonesia ini bisa dibilang unik dan belum pernah ada di Indonesia. Para peserta melakukan guitar battle tanpa pakai backing tracks. Tohpati pun mengakui keunikan kompetisi ini.

"Menurut saya ini konsep yang unik dan menarik. Ini bagus, karena setiap kemampuan musikal peserta diuji langsung di atas panggung. Unsur spontanitasnya itu yang beda dari kompetisi yang lain," ujar Tohpati dalam keterangannya kepada wartawan di Summarecon Mal Serpong, Tangerang, Sabtu (25/8/2018).

Diakui oleh Tohpati jika perkembangan musik di Tanah Air semakin beragam. Pasalnya, banyak musisi muda yang bermunculan terutama para anak band yang jago bermain gitar.

 "Saat ini banyak musisi baru bermunculan dengan berbagai karya yang bagus-bagus. Cuma yang kebanyakan mereka nggak pikirkan secara matang adalah bagaimana kelanjutannya? Di era sekarang berkarya musik itu mudah. Di kamar juga bisa. Tapi yang jadi persoalan adalah bagaimana setelah itu? Mau dibawa kemana?" ujar Tohpati.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tohpati Bertiga

Saat ini, Tohpati sendiri terus berkarya bersama dengan grupnya Bertiga. Kesibukan para personelnya pun tak membuat mereka kerepotan dengan urusan masing-masing. Diakui Tohpati satu sama lain bisa saling memahami.

"Kami memulai dan menjalankan project ini dengan sangat enjoy, jadi enak jalaninnya. Selalu jadi prioritas di tengah kesibukan masing-masing. Dan kebetulan konsep seperti kami ini unik dan belum ada di Indonesia. Kami menggabungkan Rock, jazz dan Progresif dalam musik kami," katanya.

 

 

3 dari 3 halaman

Kompetisi

Ajang Peavey Guitar Showdown 2018 sendiri diawali dengan mendatangi spot-spot yang tersebar di seluruh Indonesia yang telah ditunjuk, untuk bermain gitar dengan ampli Peavey Vypyr selama 2 menit dan direkam video. 

Lalu video tersebut dikurasi oleh tim Juri untuk penentuan 20 peserta dengan skor tertinggi untuk melaju ke babak Grand final. Sebagai penentuan juara di babak final, para finalis secara acak akan melakukan drawing untuk mencari sparing partner untuk guitar battle atau  trading lick. 

Ini adalah kali kedua Peavey Indonesia menggelar event serupa, yang diadakan tahun 2016 silam. 

Adapun hadiah dari Peavey Guitar Showdown II/2018 untuk perhelatan ini adalah juara pertama diganjar dengan ampli Peavey Vypyr VIP3 plus Uang Tunai sebesar Rp. 3 Juta, Juara Kedua diganjar dengan ampli Peavey Vypyr VIP2 plus Uang Tunai sebesar Rp. 2 Juta dan Juara Ketiga diganjar Peavey Vypyr VIP1 plus Uang Tunai sebesar RP. 1 juta. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.